Rutan Batusangkar Lockdown, 44 Warga Binaan dan 9 Petugas Positif Covid-19 -->

Iklan Atas

Rutan Batusangkar Lockdown, 44 Warga Binaan dan 9 Petugas Positif Covid-19

Rabu, 05 Mei 2021
Bupati Tanah Datar Eka Putra, SE


Tanah Datar, fajarsumbar.com - Bupati Tanah Datar Eka Putra, SE langsung menggelar rapat terbatas, setelah mendapat kabar sebanyak 44 orang warga binaan dan 9 petugas di Rumah Tahanan (Rutan) Batusangkar, Kabupaten Tanah Datar terkonfirmasi positif Covid-19 di rumah dinas bupati, Rabu (5/5/2021), malam. 


Bupati Eka Putra mengatakan, dalam rapat terbatas yang dihadiri Ketua DPRD, Kapolres, Dandim, Kajari, dan Ketua Pengadilan, pihaknya berkoordinasi intensif dengan pihak Rutan. Disepakati, seluruh napi yang positif dipisahkan dengan yang negatif, tetapi tetap dalam Rutan Batusangkar, dan hasilnya diputuskan lockdown untuk Rutan Batusangkar. 


Ditemukannya puluhan napi positif Covid-19 ini berawal dari adanya laporan dari Kadis Kesehatan Tanah Datar, dr Yesrita Zedrianis kepada Bupati Eka Putra bahwa ada 2 warga binaan yang terkonfirmasi positif Covid-19. 


Mendapatkan laporan ini, Bupati memerintahkan Kadis Kesehatan agar melakukan testing dan tracing secara menyeluruh kepada seluruh warga binaan dan petugas. "Hasilnya 44 warga binaan dan 9 petugas terkonfirmasi positif Covid-19," jelas Eka Putra. 


Bupati katakan, menyikapi hal ini pihaknya akan semakin menggencarkan testing dan tracing. Meski banyak kasus yang ditemukan, tidak masalah karena bisa diantisipasi lebih cepat. 


"Dalam teorinya, semakin banyak testing maka akan semakin banyak kasus. Ini lebih baik dari pada sedikit testing dan sedikit kasus," pungkas Eka Putra. (fdy)