Sekecil Apapun, Nikmat Jangan Diabaikan -->

IKLAN MGID ATAS

Sekecil Apapun, Nikmat Jangan Diabaikan

Jumat, 07 Mei 2021

 

Ustadz Hendri Junaidi, Lc, MA.


Padang Panjang, fajarsumbar.com -Beberapa hari lagi, bulan Ramadan tahun ini akan segera berakhir. Ramadan  membawa hikmah bagi mereka yang mau mengambil pelajaran di dalamnya. 


Ustadz Hendri Junaidi, Lc, MA mengatakan, salah satu pelajaran dari Ramadan, mengajarkan seseorang tidak mengabaikan nikmat walau sekecil apapun. 


"Jangan pernah abaikan nikmat yang sederhana sekalipun," katanya dalam Wirid Korpri, Jumat (7/5) di Masjid Islamic Center. 


Ustadz Hendri mencontohkan, saat akan berbuka puasa hal yang paling dicari biasanya air putih untuk melepas dahaga. 


"Ternyata itu berharga, sebelumnya kita melalaikan. Oleh karena itu, jangan menganggap nikmat sekecil apapun itu hal yang sepele, karena biasa ditemui sehari-hari," katanya.


Puasa itu, lanjut Ustadz, merupakan perisai yang menjaga diri dari maksiat. Kendati begitu, tameng itu bisa jadi bolong kalau seseorang itu suka bergunjing. 


"Banyaklah beristighfar. Semoga puasa tahun ini menjadikan kita  orang-orang yang bertaqwa,"  ujarnya.


Ustadz menyampaikan, ketika seseorang mengumpulkan hal yang secara zahir terlihat kontradiktif di dalam dirinya, seperti orang yang memiliki kekuasaan tetapi tidak zalim, orang yang tidak begitu kaya tetapi suka bersedekah, maka di situlah letak kematangan diri seseorang.


Sebelumnya, di acara wirid ini Kepala Dinas Pangan dan Pertanian, Ade Nafrita Anas, S.P menyampaikan sejumlah program dinasnya seperti program Lahan  Pangan Pertanian Berkelanjutan (LP2B) yang telah menjadi Perda LP2B dengan luas 147,01 Ha.


LP2B,  tersebar di empat kelurahn, Kelurahan Ganting, Sigando, Ekor Lubuk, dan Ngalau. "Lahan itu tetap kita pertahankan jadi lahan pertanian, jika dialihfungsikan akan ada beberapa sanksi. Mulai sanksi administratif, denda, maupun hukuman," sebutnya.


Ade juga menyampaikan program lain seperti keberadaan STA GMB di Kelurahan Ganting sebagai upaya memutus mata rantai tengkulak, program vaksinasi untuk hewan kesayangan dengan mengunjungi Puskeswan di Kelurahan Silaing Bawah.


Dia turut mengajak mengonsumsi makanan bergizi serta susu sapi segar untuk meningkatkan imun. Serta, bagi yang memiliki hobi memancing ikan, bisa mengunjugi Balai Benih Ikan (BBI) Gajah Tanang di Kelurahan Ekor Lubuk dengan insert Rp5.000. Ikan yang didapat akan ditimbang dengan harga yang ditetapkan. (syam)