Seleksi Paskibraka Sumatera Barat 2021 Profesional dan Ketat -->

IKLAN MGID ATAS

Seleksi Paskibraka Sumatera Barat 2021 Profesional dan Ketat

Rabu, 12 Mei 2021
Drs. Bustavidia. MM


Padang, fajarsumbar.com - Proses seleksi bagi calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Propinsi Sumatera Barat 2021 dilakukan secara berjenjang, mulai dari tingkat Kecamatan hingga kabupaten dan kota. Seleksi itu berlangsung secara profesional dan ketat.


Hal tersebut, diungkapkan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Propinsi Sumatera Barat Drs. Bustavidia. MM, terkait selesainya pelaksanaan seleksi dan latihan bagi Paskibraka Propinsi Sumatera Barat Tahun 2021, saat ditemui fajarsumbar.com di ruang kerjanya, Selasa, (11/05/2021).


Menurutnya, dari 100 orang calon Paskibraka yang dikirim kabupaten dan kota, untuk menjalani seleksi di tingkat Propinsi, lolos sebanyak 65 orang, kemudian diseleksi kembali dan lolos sebanyak 54 orang.


Ke-54 calon Paskibraka yang terpilih sebagai Paskibraka tingkat Propinsi Sumatera Barat itu, terdiri dari 26 orang putera dan 28 puteri.


Kemudian, ke 54 orang Padkibraka itu diseleksi kembali untuk mendapatkan 6 orang Paskibraka tingkat Propinsi dan Nasional Tahun 2021, ujar Kadispora Propinsi Sumatera Barat Bustavidia.


Melalui seleksi tahap akhir itu, dinyatakan lolos, Bayu Tirta SMA Islam RJ Payakumbuh, M. Bimantara Widyanto SMA N 2 Payakumbuh,  Aditya Aprilio Maulana SMAN 2 Painan Kabupaten Pesisir Selatan.


Kemudian Indriani Aprilla SMAN 5 Bukittinggi, Flora Fifcia Tanjung SMAN 1 XI Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan dan yang terakhir Dara Najla Afifah SMAN 1 Padang Pariaman Kabupaten Padang Pariaman.


Dalam melaksanakan proses seleksi Paskibraka Tahun 2021 ini, pihaknya tetap bersikap profesional dan tidak main-main dalam menentukan pemuda-pemudi terbaik Propinsi Sumatera Barat, termasuk menolak adanya titipan dari pihak- pihak tertentu, tegas Bustavidia.


Calon- calon Paskibraka Propinsi Sumatera Barat dan Nasional itu, diseleksi dan dilatih oleh Tim TNI dan POLRI, terdiri dari Kapten Laut (KH) Fendra Marta, E. S.Pd, Hendri, S. Sos, Lithos dan Herlina.


 "Hal ini kita ingin mendapatkan calon- calon Paskibra terbaik yang mampu dan memang layak untuk menjadi calon Paskibra tingkat Propinsi Sumatera Barat maupun Nasional yang berkualitas serta  pantas lolos demi nama baik Sumatera Barat,” imbuhnya


Dari 6 orang calon Paskibra tingkat Propinsi Sumatera Barat itu, 2 orang diantaranya, akan bertolak bulan Juli nanti, guna menjalani latihan Paskibraka di Jakarta.


Kadispora Sumatera Barat berharap, 2 orang utusan Paskibraka Sumatera Barat itu bisa meraih posisi strategis pada Upacara HUT RI ke 76, tanggal 17 Agustus 2021 di Istansna Negara, sebagai pembawa baki baik untuk menaikan maupun menurunan bendera pusaka.


Empat Paskibraka lainya, bertugas untuk menaikan dan menurunkan bendera merah putih pada upacara HUT RI tingkat Propinsi Sumatera Barat, tanggal 17 Agustus 2021 di Halaman Kantor Gubernur Sumatera Barat Jalan Sudirman Padang. (RDz)