Sosialisasikan Pemutakhiran Data IDM bagi Tim Pokja SDGs -->

Iklan Atas

Sosialisasikan Pemutakhiran Data IDM bagi Tim Pokja SDGs

Rabu, 05 Mei 2021

 

.

Parit Malintang, fajarsumbar.com - Dalam rangka pemutakhiran data Indek Desa Membangun (IDM) berbasis Sustainable Development Goals (SDGs), dilaksanakan Sosialisasi dan Pembekalan bagi Tim Pokja Relawan SDGs Tahun 2021 di Nagari Padang Toboh Ulakan, Kecamatan Ulakan Tapakih, Kabupaten Padang Pariaman, Rabu (05/05/21).


Camat Ulakan Tapakih diwakili Kasi Trantib Anesa Satria mengatakan adanya pembangunan terfokus berdasarkan SDGs Desa, maka diharapkan adanya output. Yakni adanya arah perencanaan pembangunan berbasis kondisi faktual di Desa/Nagari. Sehingga akan memudahkan intervensi dan koordinasi dari Kementerian/Lembaga, Pemerintah Daerah (Provinsi, Kabupaten/kota) dan pihak swasta untuk mendukung pelaksanaan pembangunan di Desa/Nagari nantinya. 


"Ada beberapa fokus penggunaan Dana Desa tahun 2021 ini, pemulihan ekonomi nasional sesuai kewenangan Desa/Nagari. Yakni pembentukan, pengembangan dan revitalisasi BUMDes/Bumnag, penyediaan listrik Desa dan pengembangan usaha ekonomi produktif. Kemudian, program prioritas nasional sesuai kewenangan Desa/Nagari meliputi pendataan, pemetaan potensi dan sumber daya dan pengembangan teknologi informasi dan komunikasi, penguatan ketahanan pangan dan pencegahan stunting, serta Desa/Nagari inklusif. Selanjutnya, adaptasi kebiasaan baru dengan harapan agar Desa/Nagari aman Covid-19" jelasnya.


Sementara itu, Wali Nagari Padang Toboh Ulakan Bakhri mengajak peserta sosialisasi untuk mengikuti pembekalan ini dengan serius. Hasil dari pendataan akan digunakan sebagai dasar pelaksanaan program kegiatan dan terkait dengan besaran dana yang akan dikucurkan ke Nagari nantinya. 


"Mengingat pentingnya dilakukan pendataan ini, terutama dalam pelaksanaan pembangunan di Nagari. Dan kepada semua peserta yang tergabung dalam Tim Pokja Relawan SDGs, agar dapat mengikuti kegiatan ini dengan serius sampai selesai" mintanya.


Darmawan, ST, Selaku Pemateri dalam kegiatan Sosialisasi, Pendamping Desa  menjelaskan maksud dan tujuan dilakukannya pendataan SDGs Desa tahun 2021 di Nagari Padang Toboh Ulakan.


Menurutnya, pelaksanaan pendataan SDGs yang dilakukan ini untuk mengimplementasikan pembangunan Desa dan pemberdayaan masyarakat berbasis data.


"Sedangkan tujuan dari pendataan SDGs Desa diantaranya, Menyusun Pokja Relawan, Memutakhirkan data dan Menganalisis data sesuai kaidah SDGs Desa. Kemudian, Merekomendasikan pembangunan Desa dan pemberdayaan masyarakat sesuai hasil analisis SDGs Desa" ujar Darmawan mengakhiri.


Dalam kegiatan itu, diikuti Wali Nagari Bakri, Sekretaris Nagari Yasnita serta perangkat Nagari, anggota Tim Pokja Relawan SDGs dan para Wali Korong setempat. (saco).***