Wawako Erwin Yunaz Hadiri Sijodah di Kelurahan OTS. Unik Sekali ! -->

IKLAN MGID ATAS

Wawako Erwin Yunaz Hadiri Sijodah di Kelurahan OTS. Unik Sekali !

Kamis, 06 Mei 2021
Sijodah kelurahan Ompang Tanah Sirah 

Payakumbuh, --- Wakil Walikota Payakumbuh H. Erwin Yunaz hadiri undangan sijodah di RW II Balai Betung kelurahan Ompang Tanah Sirah (OTS), Kamis (06/05/2021). Erwin Yunaz hadir bersama Camat Payakumbuh Utara  Desfitawarni didampingi Lurah OTS, Majri. Ikut mendampingi tokoh masyarakat, perantau dan duta kampung. 


Kegiatan yang sudah menjadi tradisi tahunan di bulan Ramadhan ini juga dihadiri masyarakat dan karang taruna. Sijodah bisa diartikan akikah massal yang diselenggarakan penuh kebersamaan. Sore itu, sijodah dilaksanakan di mushalla Nurul Yakin kelurahan OTS. Setidaknya ada 5 ekor kambing yang disemblih untuk sijodah Ramadhan 1442H/2021M.

Hal terkait : https://www.impiannews.com/2021/05/sijodah-warga-balai-betung-semblih-5.html?m=1


Usai mendengarkan informasi terkait histori lahirnya sijodah di Balai Betung, Erwin Yunaz sempat kaget. Dirinya menyebut kegiatan keagamaan tersebut sangat unik, dan hanya ada di daerah tersebut. 


Dalam apresiasinya, Wawako Erwin Yunaz menyampaikan bahwa tradisi sijodah di kelurahan OTS adalah sebuah trandisi yang unik di Payakumbuh karena mencerminkan kebersamaan ditengah masyarakat kita. 

"Kami rasa ini yang spesifik di Payakumbuh. Hal ini unik, dan semangat kebersamaan ini sangat dibutuhkan untuk mewujudkan program-program pembangunan oleh pemerintah,"Singkat Erwin Yunaz, karena bedug berbuka sudah berbunyi. 


Semua undangan dan masyarakat Balai Betung langsung menyegerakan berbuka puasa, dilanjutkan shalat Magrib berjemaah. Santap jeddah sijodah dilaksanakan usai shalat magrib. Semua jeddah sijodah yang sebelumnya dimasak bersama mulai disajikan untuk disantap bersama. 


Adalah Desfitawarni, Camat Payakumbuh Utara tampak akrab dishaf kaum Ibu. Dirinya juga kaget dan kagum dengan tradisi sijodah ini. 


"Sepengetahuan kami tidak ada tradisi yang identik dengan sijodah ini. Tradisi ini merupakan spesifik daerah, khususnya di OTS. Kegiatan ini bagus, sebagai ajang silaturahmi sekaligus pelaksanaan syariat agama islam. Warga yang berniat untuk aqiqah anak atau kemenakan bisa terfasilitasi melalui kegiatan ini. Tentu saja ini lebih ringan bagi yang punya hajatan. Sertu masyarakat sekitar menolong tenaga untuk ini,"kagum wanita tangguh yang akrab disapa Defi, ini. 


"Mari kita lestarikan tradisi budaya yang bernilai positif dan sesuai sunnah ditengah-tengah masyarakat lokal kita. Banyak potensi di kelurahan OTS, tentu ini perlu digerakkan. Selain itu, salah satu pilar yang diharapkan utk ini tentu pemuda. Pemuda OTS punya latar belakang yang beragam. Diharapkan menjadi motor penggerak pemberdayaan dan pembangunan ditengah-tengah masyarakat OTS,"imhuhnya. 


"Disamping itu, potensi geografis juga luar biasa disamping posisi yang sangat strategis karena berada di jalur strategis Padang - Pekanbaru,"pungkas Defi. 


RW III Talawi salurkan santunan yatim piatu 

Bersamaan dengan tradisi sijodah, kegiatan penyaluran santunan anak yatim piatu juga dilaksanakan di RW III Talawi kelurahan Ompang Tanah Sirah. Jelang penyerahan santunan, kegiatan dipusatkan di mesjid Al Mutawahiddah diawali dengan 8 orang anak yatim piatu yang ada di RW III Talawi kelurahan OTS.(ul)