60 Peserta Ikuti Pendidikan Wawasan Kebangsaan -->

Mgid Bawah Bapenda

60 Peserta Ikuti Pendidikan Wawasan Kebangsaan

Selasa, 08 Juni 2021
Wabup Richi Aprian menjadi narasumber dalam acara Pendidikan Wawasan Kebangsaan, di Emersia Hotel and Resort, Selasa (8/6).

Tanah Datar, fajarsumbar.com - Wakil Bupati Tanah Datar Richi Aprian, SH. MH membuka acara Pendidikan Wawasan Kebangsaan di hadapan Kepala Badan Kesbangpol Provinsi Sumbar Nazwir dan undangan, di Emersia Hotel and Resort, Selasa (8/6/2021). 


Wabup sampaikan, saat ini terjadi degradasi rasa kebangsaan di kalangan anak bangsa yang sangat mengkhawatirkan, cerminan itu bisa dilihat secara nyata dalam dinamika sosial, interaksi kehidupan bermasyarakat dan bernegara. 


"Saat ini sering terjadi konflik, intoleransi dan kebiasaan yang tidak menghargai antar sesama, tidak peduli lagi akan nilai-nilai kebangsaan, lambang dan simbol serta harmonisasi kebangsaan," sampai Richi. 


Richi tambahkan, belum lagi pengaruh negatif kemajuan teknologi yang tidak terfilter secara arif dan bijak, yang akhirnya akan merusak tatanan kehidupan berbangsa dan bernegara. 


"Berangkat dari itu, Saya mewakili Pemerintah Kabupaten Tanah Datar menyampaikan ucapan dan ungkapan terima kasih kepada Pemprov Sumbar, atas pelaksanaan sosialisasi di daerah kami," ujarnya. 


Wabup berpesan, selepas ikuti acara ini, para peserta mampu memberikan semangat dan meningkatkan rasa cinta tanah air, dan rasa cinta terhadap nilai-nilai perjuangan dan ideologi Pancasila, kepada masyarakat di lingkungannya. 


"Tantangan global yang perlu diwaspadai di antaranya menyebarkan paham dan aliran, di mana salah satunya mewaspadai usaha kebangkitan paham komunis di Indonesia, yang sesuai TAP MPR Nomor 25 Tahun 1966 yang masih berlaku sampai sekarang, bahwa paham Komunis dan Marxis terlarang di seluruh Indonesia," ungkap Richi. 


Sebelumnya ketua panitia pelaksana Adi Dharma yang juga menjabat Kabid Ideologi Wawasan Kebangsaan dan Karakter Bangsa Badan Kesbangpol Provinsi Sumbar menyampaikan, kegiatan pendidikan wawasan kebangsaan dimaksudkan untuk memberikan pembekalan kepada perangkat nagari, bundo kanduang, dan generasi muda di Tanah Datar. 


"Direncanakan kegiatan sehari ini pesertanya sebanyak 60 orang, dimana kita berharap atas pendidikan ini terlaksana optimalisasi pengembangan dan pelaksanaan nilai kebangsaan, guna penguatan kesadaran berbangsa dan bernegara berlandaskan nilai Pancasila dan UUD 1945," kata Adi. 


Dalam kegiatan ini, sebut Adi lagi, narasumber dengan materi dari orang-orang yang kompeten di bidangnya. Narasumber Wabup, praktisi Arkadius Dt. Intan Bano, Kepala Badan Kesbangpol Sumbar dan Kakan Kesbangpol Tanah Datar. 


"Materi yang diangkat yaitu, kebijakan Pemkab dalam upaya penguatan kebangsaan, empat konsensus kebangsaan, pemantapan wawasan kebangsaan dalam memperkokoh ketahanan bangsa dan pemantapan nilai-nilai kebangsaan," ungkapnya. (fdy)