Pemda Harus Bersinergi dengan BPS -->

IKLAN MGID ATAS

Pemda Harus Bersinergi dengan BPS

Kamis, 03 Juni 2021
.


Tanah Datar, fajarsumbar.com - Bupati Tanah Datar Eka Putra, SE bersilaturahmi dengan Kepala Bagian Umum Badan Pusat Statistik (BPS) Sumatera Barat Januarto Wibowo, di Hotel Mercure Kota Padang, Kamis (3/6/2021). 


Dalam kesempatan itu Bupati Eka Putra berharap dengan pertemuan ini semakin meningkatnya sinergitas antar kedua institusi. "Pemerintah daerah dan BPS harus saling memperkuat kerjasama dan sinergi terutama sinergi data sebagai pijakan untuk perencanaan yang berkualitas," ucap Bupati. 


Bupati juga berharap pembaharuan data (update) hingga tingkat Nagari menjadi perhatian. "Update data hingga tingkat Nagari perlu dilakukan, sehingga membantu BPS menjalankan tugasnya. Jika ini dilakukan bisa memetakan potensi Nagari," terang Eka Putra. 


Bupati Eka juga minta perangkat daerah agar kooperatif dan komunikatif untuk memenuhi kebutuhan data yang diperlukan BPS.


Senada dengan itu Januarto Wibowo yang juga Plt. Kepala BPS Tanah Datar terus berharap dukungan pemerintah daerah untuk BPS. "BPS siap menjadi mitra pemerintah daerah sesuai tugasnya yang kami emban,” sampai Januarto. 


Januarto sampaikan, saat ini BPS sedang melakukan pendataan Potensi Desa (Podes) 2021. "Podes 2021 merupakan pendataan ketersediaan infrastruktur dan potensi yang dimiliki wilayah administrasi setingkat Desa/Nagari, Kecamatan dan Kabupaten," sebutnya.


"Ketersediaan data, konsisten data dan responden menjadi tantangan dan permasalahan yang harus diselesaikan bersama," pungkasnya. (fdy/h)