Forum Pengurangan Resiko Bencana (F-PRB) Berdiri di Padang Panjang -->

IKLAN ATAS

Forum Pengurangan Resiko Bencana (F-PRB) Berdiri di Padang Panjang

Senin, 21 Juni 2021
Pembentukan F-PRB di Padang Panjang.


Padang Panjang, fajarsumbar.com - Difasilitasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kesbangpol, Senin (21/6), Forum Pengurangan Risiko Bencana (F-PRB)  di Padang Panjang resmi berdiri dengan melibatkan berbagai unsur masyarakat.


Sebagai koordinator, terpilih Alex Saputra salah seorang pengusaha muda.


Alex  menyampaikan, pihaknya siap bermitra dengan pemko di bidang penanggulangan bencana. 


"Terima kasih kepada pemko yang memfasilitasi kegiatan pembentukan F-PRB dan penguatan relawan Kelompok Siaga Bencana (KSB). 


Ke depan, kami siap bersinergi dengan pemko dalam upaya penanggulangan dan pengurangan risiko kebencanaan.


Sementara itu Plt. Kepala BPBD Kesbangol, Ir. Zulheri, MM menyampaikan, kegiatan penanggulangan bencana bukan hanya tugas pemerintah semata. Dibutuhkan sinergi semua pihak, baik pemerintah, swasta maupun masyarakat. 


"Upaya pengurangan risiko bencana, butuh kolaborasi dan keterpaduan semua pihak, termasuk dari F-PRB. Pembentukan F-PRB ini merupakan tindak lanjut dari surat kepala BPBD Provinsi Sumbar No. 360/520/PK/2021 tanggal 6 Juni 2021 perihal Pembinaan KSB dan Monitoring dan Evaluasi F-PRB Kabupaten/Kota se-Sumbar," ungkapnya.


F-PRB merupakan mitra BPBD dalam melaksanakan tugas penanggulangan bencana. F-PRB memiliki sejumlah fungsi. Di antaranya sebagai wadah memfasilitasi pengurangan risiko bencana dalam sektor pembangunan.


Kemudian, tambahnya, sebagai wadah konsultasi, koordinasi dan mediasi daerah dalam pengembangan upaya penanggulangan risiko bencana. Wadah advokasi dan rekomendasi kebijakan penanggulangan risiko bencana. Serta wadah monitoring dan evaluasi kegiatan penanggulangan risiko bencana. 


"Kami akan mendorong agar semakin banyak organisasi masyarakat yang peduli terhadap bencana. Karena ketika bencana datang, pemerintah tidak akan bisa bekerja sendiri. Perlu partisipasi dan bantuan segenap elemen masyarakat dan organisasi masyarakat," jelasnya.


Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kesbangpol, Aswirman, SE, MM yang menutup acara ini menyampaikan, selain Alex Saputra sebagai koordinator, juga ada Wakil Koordinator, Joni Aldo, Sekretaris, Noviendy, SE, serta dirinya sebagai wakil sekretaris.


Dalam acara yang digelar di Gedung M. Syafei itu, turut hadir kepala BPBD Sumbar diwakili Kasi kesiapsiagaan , Ilham Amri serta sejumlah pejabat terkait lainnya. (syam)