Hasil Uji Coba Catalunya Buat Valentino Rossi Tak Jadi Pensiun di Pertengahan MotoGP 2021? -->

IKLAN MGID ATAS

Hasil Uji Coba Catalunya Buat Valentino Rossi Tak Jadi Pensiun di Pertengahan MotoGP 2021?

Kamis, 10 Juni 2021

 

Pembalap Tim Repsol Honda, Marc Marquez. (Foto: MotoGP)

CATALUNYA – Valentino Rossi terlihat puas usai melakukan uji coba di Sirkuit Catalunya pada Selasa 8 Juni 2021. Tes yang dilakukan beberapa hari setelah MotoGP Catalunya 2021 itu dikabarkan berjalan sangat positif untuk pembalap Tim Petronas Yamaha SRT tersebut.


Rossi mengaku sebenarnya tak banyak hal baru yang diuji cobanya pada saat mentas di Sirkuit Catalunya tersebut. Namun, Rossi menemukan beberapa pengaturan motor yang akhirnya cocok dengan apa yang diinginkan ia selama ini.


Tentu hasil itu membuat Rossi terlihat semringah lantaran ia mengaku merasa aneh dengan kecepatannya saat balapan di MotoGP Catalunya 2021. Pasalnya ia merasa memiliki kecepatan yang berbeda saat sesi latihan bebas dan ketika GP Catalunya berlangsung, sebagaimana dikutip okezone.com.


Untuk itulah Rossi memanfaatkan momen laga uji coba itu untuk menemukan kembali setting-an motornya agar bisa sama dengan apa yang ia terapkan di sesi latihan bebas keempat MotoGP Catalunya 2021.


Selain mengutak-atik pengaturan motor, Rossi juga menjajal rem cakram baru lantaran ia merasa remnya masih kurang maksimal. Setelah melalui beberapa perbaikan itu, The Doctor pun mendapatkan feeling yang jauh lebih baik saat mengendarai motor YZR-M1 milik Yamaha tersebut.


“Itu (uji coba di Catalunya) adalah hari yang baik bagi kami karena, meskipun kami tidak memiliki banyak suku cadang baru untuk diuji, kami memiliki beberapa hal dan pengaturan yang ingin kami coba,” kata Rossi, dikutip dari laman resmi Sepang Racing, Kamis (10/6/2021).


“Pertama-tama kami mencoba memahami mengapa kami lebih lambat kemarin (saat balapan) daripada kecepatan yang kami miliki dalam latihan. Hari ini saya lebih banyak mengikuti (setting-an) motor FP4 dan Warm Up. Setelah itu kami mengerjakan motor, suspensi dan mencoba beberapa hal berbeda,” tambahnya.


“Pada akhir tes saya merasa sangat positiof, saya berada di sepuluh besar, kecepatan saya bagus dan waktu putaran saya tidak terlalu jauh dari posisi teratas. Kami juga mencoba rem cakram baru hari ini, karena di Austria remnya mengalami banyak tekanan, dan sejauh ini perasaannya cukup bagus,” lanjutnya.


Tentu perasaan positif itu semakin membangkitkan gairah Valentino Rossi untuk menghadapi balapan selanjutnya yang akan berlangsung di MotoGP Jerman 2021 pada 20 Juni 2021. Rossi tampaknya kembali percaya dan antusias menghadapi balapan di Sirkuit Sachsenring, Jerman tersebut.


Dengan hal positif itu, bisa jadi kabar Rossi pensiun di pertengahan MotoGP 2021 bisa tidak terjadi. Pasalnya Rossi tampaknya masih merasa kompetitif sehingga ia belum mau pensiun dari ajang balapan tersebut.(*)