Kelurahan Ganting; Warga Sehat, Kreatif dan Inovatif -->

IKLAN ATAS

Kelurahan Ganting; Warga Sehat, Kreatif dan Inovatif

Selasa, 22 Juni 2021
Suasana penyambutan tim penilai provinsi


Padang Panjang, fajarsumbar.com - Kelurahan Ganting, Kecamatan Padang Panjang Timur, Kota Padang Panjang, dikenal sebagai kelurahan yang tangguh melawan Covid-19. Modal dasarnya adalah perilaku hidup sehat warganya, kompak, dan setiap orang dengan berani menegur pelanggar protokol kesehatan. Sehingga Kelurahan Ganting lama sekali memegang status sebagai daerah nol penderita Covid-19.


Menurut Lurah Ganting Januardi, SE., perilaku warganya yang siaga melawan Covid-19 ini diperkuat oleh Posko PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) Mikro yang standby 24 jam dengan piketnya dan didukung penuh oleh ninik mamak pemangku adat.


Mengantisipasi warga dan perantau yang terpapar Covid-19, ninik mamak Kelurahan Ganting dengan sukarela menyerahkan rumahnya untuk dijadikan sebagai Rumah Sehat Isolasi. "Kami di Ganting melawan Covid-19 dengan bersemangat, kompak dan riang gembira. Bukan dengan kecemasan dan kecurigaan," kata Lurah Ganting Januardi optimis.


Karena modal sehat dan kompak itulah, Kelurahan Ganting mampu melakukan banyak inovasi, antara lain  sub terminal agribisnis yang diberi nama Gantiang Maju Basamo. Di STA GMB ini sentra sayur dan hasil pertanian yang langsung dari petani. Sayur segar dengan harga bersaing ini dikemas secara higienis dan mampu memberikan kesejahteraan kepada petani. Kabarnya STA ini dijadikan percontohan di wilayah barat oleh Kementerian Pertanian.


Inovasi lain adalah Kelompok Tani milenial Gemilang, Gantiang TV, Workshop Gantiang Handycraft, Pekarangan Pangan Lestari, Susu Segar Serambi Milk, Bank Sampah Kurabu, Rumah Sewa Anak Yatim dan Pengelolaan Parkir RSUD.


Karena prestasinya yang hebat-hebat itu, hari Senin (21/6) pagi Kelurahan Ganting Padang Panjang dinilai oleh Tim Lomba Desa/Nagari dan Kelurahan Berprestasi 2021 Tingkat Sumbar. Tim yang dipimpin oleh Kadis PMD Sumbar Drs. H. Syafrizal Ucok, MM ini disambut meriah oleh Walikota Padang Panjang Fadly Amran, BBA., Wawako Asrul, Sekda Sony BP, Kepala OPD, Camat Padang Panjang Timur Doni, Ketua KAN Gunung Dr Yurnalisman bersama Ninik Mamak, PKK serta Lurah Ganting Januardi bersama seluruh perangkat kelurahannya. 


Fadly Amran meyakinkan Tim Penilai bahwa Kelurahan Ganting dengan seabrek prestasi dan inovasi akan mampu membela nama Sumbar di nasional. "Jika berhasil menang di tingkat Sumbar maka Kelurahan Ganting akan bekerja keras untuk membela keharuman nama Sumbar di tingkat nasional nantinya," kata Fadly Amran.


Bak gayung bersambut, Pimpinan Tim Drs. Syafrizal Ucok mengatakan, hakikat dari Lomba Desa/Nagari dan Kelurahan ini adalah momentum evaluasi penyelenggaraan pemerintahan dan mendorong terciptanya inovasi dan kreativitas masyarakat.


"Kita akan nilai secara fair Nagari/Desa dan Kelurahan yang berprestasi, sehingga menjadi wakil Sumbar dan berprestasi pula di tingkat nasional," kata Syafrizal Ucok.


Tim Penilai Lomba Desa/Nagari dan Kelurahan Sumbar 2021 yang datang ke Kelurahan Ganting adalah Penanggung jawab Kadis PMD Sumbar Drs. H. Syafrizal, MM., Ketua Azwar, SE.M.Si., Sekretaris Retma Nency, S.STP dengan Anggota Tim Drs. Yulrizal Baharin, M.Si (pakar pemerintahan), Nani Darlis (PKK), Irwandi Walis, S.Sos (LPM Sumbar), Gusfen Khairul (Pers), Effi Zulfia Naros (Dinas PMD), Firdaus, SH (Sekretaris Badan Kesbangpol Sumbar), Ali Akbar, SH (Dinas Pendidikan Sumbar), Samsu Aprizal (Dinas Kesehatan), Faridz, ST.TP (Dinas PMD) dan Eko Herlambang, ST.MT dari Dinas PMD Sumbar. (ab/syam)