PKK Nagari Koto Baru Dinilai Tim Sumbar -->

IKLAN MGID ATAS

PKK Nagari Koto Baru Dinilai Tim Sumbar

Selasa, 01 Juni 2021
.


Pasbar - Tim Penggerak PKK Nagari Koto Baru Kecamatan Luhak Nan Duo Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) dinilai oleh Tim Penilai lomba Gerakan PKK Provinsi Sumatera Barat, Senin (31/5/2021). Tim penilai dipimpin langsung Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Sumatera Barat, Ny. Harneli Mahyeldi bertempat di kantor walinagari setempat.


Kedatangan tim penilai disambut oleh Wakil Bupati Pasbar Risnawanto, Ketua Tim PKK Pasaman Barat Ny. Titi Hamsuardi, Wakil Ketua TP PKK Fitri Risnawanto, Pengurus PKK Kabupaten, Camat Luhak Nan Duo Ahmad Hanif, Wali Nagari Koto Baru Martias, Ketua PKK Kecamatan dan Nagari se Pasbar, perwakilan Kemenag Pasbar, serta Stakeholder terkait lainnya.


Wakil Bupati Pasaman Barat Risnawanto dalam sambutannya menyampaikan bahwa Tim Penggerak PKK merupakan Mitra Pemerintah Daerah. Mulai tingkat kabupaten, kecamatan, nagari, jorong sampai Kepada kelompok-kelompok Binaan PKK. oleh karena itu, pemerintah daerah akan selalu siap memberikan dorongan dan dukungan terhadap kegiatan PKK.


Ia menambahkan dalam hal ini adanya kolaborasi antara PKK dan Pemerintah Nagari, hal tersebut tampak 50 % dari APBNagari merupakan untuk mendukung megiatan 10 Program PKK.


"Kepada pemerintah nagari dan PKK tingkatkan selalu singkronisasi program PKK dengan Program Nagari. Singkronisasi ini harus di mulai sejak rembuk stunting, musyawarah Nagari, Musrembang Nagari sampai penetapan APBNagari,"kata Risnawanto. 


Untuk seluruh Pokja Nagari, Ia juga berharap agar selalu berkoordinasi dengan Walinagari, Bamus, Kasi, Kaur, dan Kepala Jorong untuk Program yang akan di dijalankan oleh PKK ke depan.


Selain itu, Dalam kesempatan tersebut Wakil bupati Risnawanto juga menyampaikan harapan kepada Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Sumbar dan Tim Penilaian Lomba Gerakan PKK untuk dapat memberikan nilai terbaik bagi Nagari Koto Baru, sehingga bisa mememotivasi serta menjadi kebanggaan bagi seluruh masyarakat  Pasaman Barat.


Sementara itu, Ketua TP. PKK Provinsi Sumatera Barat Ny. Harneli Mahyeldi menyampaikan, penilaian dilakukan untuk memantau serta mengevaluasi sejauh mana capaian 10 program Pokok PKK yang telah dilaksanakan. Mendorong PKK di setiap daerah agar melakukan pembinaan secara berjenjang hingga ke tingkat dasawisma serta untuk mempererat silaturrahim dan rasa kebersamaan dengan PKK di seluruh kabupaten kota di Sumbar.


“Nagari Koto Baru yang kami nilai hari Ini merupakan Daerah terpilih untuk mewakili Pasbar. Daerah yang terbaik nantinya juga akan mewakili Sumatera Barat di tingkat nasional dalam lomba yang sama,” ujar Harneli.


Ia menyebutkan, keberhasilan program PKK, sangat ditentukan dari sinergitas antara kader PKK dengan masyarakat dan dukungan instansi terkait. Dengan adanya penilaian yang dilakukan setiap tahun tersebut, Harneli berharap kader PKK mampu memahami seluruh program PKK secara komprehensif.


"Kita berharap dengan adanya penilaian ini dapat memotovasi PKK Pasbar ke depan. Masukan dan arahan dari Tim PKK Provinsi diharapkan mampu menjadi pedoman gerak PKK Pasbar untuk lebih baik dan mengantar Tim PKK Pasbar menjadi juara di tingkat Provinsi nantinya serta bisa memberikan yang terbaik untuk masyarakat Pasaman Barat,"harapnya.

 

Selanjutnya, Ketua TP PKK Pasaman Barat Ny. Titi Hamsuardi menerangkan bahwa dari hasil penialaian Lomba Gerakan PKK Tingkat Kabupaten Pasaman Barat yang dilakukan beberapa waktu lalu, Nagari Koto Baru terpilih sebagai pemenang dan terbaik yang mewakili Pasbar untuk mengikuti penilaian Gerakan PKK Tahun 2021 di Tingkat Provinsi Sumbar.


"Penilaian tersebut meliputi 5 kategori lomba yaitu kategori Tertib Administrasi PKK yang berlokasi di Kantor Wali Nagari Koto Baru, Pola Asuh Anak Remaja di Era Digital (PAAREDI) berlokasi di kantor Wali Nagari Persiapan Ophir, Kelompok UP2K dan Kawasan Aku Hatinya PKK bertempat di Jorong Mahakarya dan Kategori Keluarga PKK Gagah Bencana berlokasi di Ophir Barat"jelas Titi Hamsuardi.


"Terhadap apa yang disajikan nantinya dari semua masing-masing kategori dapat memberikan kepuasan bagi Tim Penilaian, dan Kabupaten Pasaman Barat mendapatkan penilaian yang memuaskan,"ujarnya. (safnil)