Putra Terbaik Siguntur Turun Gunung, Untung Maju Jadi Cawali -->

Mgid Bawah Bapenda

Putra Terbaik Siguntur Turun Gunung, Untung Maju Jadi Cawali

Minggu, 06 Juni 2021
Untung Putra Abadi, ST


Pesisir Selatan, fajarsumbar.com - Untung Putra Abadi, ST (46) salah satu putra terbaik Nagari Siguntur, Kec. Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan, bertekad mengabdikan dirinya untuk kemajuan pembangunan di kampung halaman.


"Kami sekeluarga sudah ikhlas untuk turun gunung ke Nagari Siguntur, dengan mencalonkan diri sebagai Wali Nagari. Semoga Allah meridhoi langkah kami ini," kata Untung Putra Abadi salah satu Calon Wali Nagari Siguntur kepada media.


Pemilihan Wali Nagari Siguntur akan dilaksanakan pada Rabu 8 Juni 2021, serentak dengan beberapa nagari lainnya di Kabupaten Pesisir Selatan. Lima orang calon akan berkompetisi meraih simpati masyarakat yaitu Untung Putra Abadi, Sasriadi, Rino, Afdal dan Darmalis.


Menurut Untung Putra Abadi, selama ini tidak banyak terobosan yang dilakukan oleh Wali Nagari untuk kemajuan nagari, terutama dalam menggerakkan ekonomi di nagari. Padahal Siguntur berada pada lintasan jalan raya Padang-Painan yang sangat potensial untuk berbagai kegiatan perdagangan, agro wisata, perikanan darat dan pertanian.


Kelemahan selama ini adalah tidak adanya sosok yang dapat mengeksplorasi ide-ide dan mengeksekusinya untuk kemajuan Nagari Siguntur. Selain itu diperlukan tokoh yang memiliki kemampuan menggerakkan Badan Usaha Milik Nagari (Bumnag) sebagai lokomotif perekonomian nagari.


"Insya Allah dengan pengalaman yang kami miliki di beberapa perusahaan swasta besar dan lama pula berkecimpung dalam organisasi seperti PKPS, akan sangat membantu jika kami diamanahkan masyarakat memimpin Nagari Siguntur," kata Untung Putra Abadi, yang pernah berpengalaman sebagai supervisor di Bank Sinarmas dan Bank Maybank.


Selama beberapa tahun terakhir ini, Untung Putra Abadi berdomisili di Kabupaten Agam dan Bukittinggi. Karena kemampuannya dalam melakukan pembenahan usaha, Untung Putra dipercaya menjadi Direktur Bumnag Nagari Gadut sekaligus Ketua Forum Bumnag Kabupaten Agam.


Selain profesional dan merakyat, sosok Untung Putra Abadi juga dikenal religius. Beberapa jabatan diamanahkan kepadanya sepertinya Kepala MDA, Ketua Pengurus Mesjid Ihsan Nagari Gadut, Agam dan Wakil Ketua Mesjid Raya Mahabbatul Qulub Nagari Siguntur.


Di bidang kemasyarakatan, sejumlah organisasi dipercayakan pula kepada Untung Putra Abadi. Saat ini dirinya adalah Sekretaris Perkumpulan Keluarga Pesisir Selatan (PKPS) Kota Bukittinggi. "Mohon doa dan dukungan dari seluruh masyarakat Nagari Siguntur, baik yang berada di kampung halaman maupun yang berada di perantauan," kata Untung Putra Abadi, Calon Wali Nagari Siguntur dengan nomor urut lima ini. (Mak)