SEA Games 2021 Dikabarkan Ditunda -->

Iklan Atas

SEA Games 2021 Dikabarkan Ditunda

Rabu, 09 Juni 2021

 

SEA Games 2021 di Vietnam terancam ditunda. (Foto: CNN Indonesia/ Adhi Wicaksono)


Jakarta - SEA Games 2021 yang rencananya digelar 21 November hingga 2 Desember dikabarkan ditunda terkait peningkatan kasus Covid-19 di Vietnam selaku negara tuan rumah dan di Asia Tenggara.

Kabar mengenai penundaan SEA Games ke-31 itu sudah menyeruak dalam beberapa hari terakhir, termasuk seperti dikabarkan di media sosial melalui akun @AsianFootballs yang bersumber dari pemberitaan The Vibes.


Kementerian Kesehatan Vietnam menyebut kasus Covid-19 di negara tersebut mencapai 8.580 kasus dengan 49 korban meninggal.


Beberapa kasus penularan virus corona muncul di Bac Giang, Bac Ninh, Ho Chi Minh, dan Ha Name, yang juga menjadi lokasi tanding SEA Games 2021.


Sementara Ketua National Olympic Council (NOC) Indonesia, Raja Sapta Oktohari, menyebut belum ada penundaan.


"Ini masih dirapatkan, belum final," ujar Okto kepada CNNIndonesia.com.


Okto pun menyebut sudah ada tujuh negara yang menolak pengunduran SEA Games 2021.


Rapat antar NOC negara Asia Tenggara dan Komite Penyelenggara SEA Games berlangsung pada hari ini untuk mendiskusikan pesta olahraga terbesar di kawasan ASEAN.


Sebelumnya Okto juga menyebut Indonesia tak ingin SEA Games 2021 ditunda karena bisa merusak jadwal olahraga internasional pada tahun depan.


Sementara Menpora Zainudin Amali juga sudah meminta NOC Indonesia untuk berkoordinasi dengan negara-negara peserta lain untuk tidak menunda SEA Games 2021.


"Tidak ada. Tidak ada penundaan SEA Games 2021. Tidak ada statement Vietnam seperti itu [penundaan]. Saya telah minta ke Ketua NOC kita untuk berkoordinasi dengan negara-negara peserta lain untuk tidak menunda itu," kata Menpora, Selasa (8/6).(*)