Tim Kementerian Tinjau Persiapan POMNas di UNP -->

IKLAN MGID ATAS

Tim Kementerian Tinjau Persiapan POMNas di UNP

Rabu, 09 Juni 2021
.

Padang, fajarsumbar.com - Dua tim Kementerian RepubIik Indonesia, meninjau persiapan Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNas) XVII tahun 2022 yang tuan rumahnya dari 


Provinsi Sumatera Barat, bersama dengan Universitas Negeri Padang (UNP) mendapatkan kepercayaan sebagai tuan rumah dan sentral penyelenggaraan kegiatan Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNAS) XVII Tahun 2022.


Untuk mengetahui kesiapan tuan rumah terkait penyelenggaraan POMNAS dimaksud, maka Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan- Riset dan Teknologi Republik Indonesia (Kemendikbudristek RI) serta Kementrian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI) berkunjung di Padang, Rabu,(09/06/2021).



Dua tim itu yakni dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan-Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) dan dari Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).


Pada kunjungan di Padang itu, Koordinator Pokja Dikti dari Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas)-Kemendikbudristek Rizal Alfian di mengatakan, kedatangannya untuk visitasi sekaligus berkoordinasi dengan panitia penyelenggara, terkait persiapan POMNAS dimaksud.


Selain itu, kami ingin melihat kondisi venue karena sudah mendekati 2022 dan kami tidak ingin persiapan ini hanya sebatas ceremony saja, tetapi juga ada prinsip dari olahraga itu, yakni bagaimana membawa masyarakat kita sehat," ucapnya.


Ia mengatakan prestasi di bidang olahraga perlu disiapkan secara strategis tidak hanya di level mahasiswa, tetapi juga dipersiapan sejak usia dini, bila perlu dimulai dari PAUD.


Rizal menyampaikan hal-hal yang perlu dipersiapkan dalam pada POMNAS itu, selain dari venue juga terkait pembagian peran masing-masing lembaga, dan waktu pelaksanaan.


Ia berharap waktu pelaksanaan POMNAS bisa diselesaikan sebelum diselenggarakannya Universiade yang merupakan pesta olah raga yang diselenggarakan oleh Internasional University Sport Association.


Menanggapi hal itu, Wakil Rektor III UNP Hendra Syarifuddin menyampaikan, bahwa waktu pelaksanaan semula direncanakan pada Oktober 2022, namun pemerintah pusat ingin lebih cepat, untuk antisipasi pengiriman mahasiswa ke tingkat internasional.


Untuk menentukan waktu pelaksanaan tersebut maka masih perlu dibahas lagi dalam Rapat Koordinasi Persiapan POMNAS XVII tahun 2022 yang digelar mulai hari ini sampai Kamis, bersama Tim Kemenpora, Puspresnas dan lembaga terkait lainnya.


Hendra yang juga Ketua Badan Pembina Olahraga Mahasiswa (Bapomi) Sumbar itu mengatakan, dalam pengusulan awal ada 23 cabang olahraga yang akan diperlombakan, namun masih perlu dievaluasi kembali mengingat masih dalam kondisi Pandemi COVID-19.


Ia berharap POMNAS, bisa terselenggara dengan sukses baik dalam hal prestasi, penyelenggaraan dan juga sukses administrasinya.


Sementara itu Rektor UNP Profesor Ganefri, Ph.D menyampaikan apresiasi atas ditunjuknya Sumbar sebagai tuan rumah pelaksanaan POMNas XVII tahun 2022.


Ia mengatakan, telah menghadap Gubernur Sumatera Barat, sekaligus menyerahkan proposal usulan kegiatan bersama Rektor Unand, Ketua Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI-X), Bapomi, dan Dispora.


"Alhamdulillah beliau mengapresiasi dan akan ikut membantu mensukseskan POMNAS XVII karena ini menyangkut harga diri Sumbar," ucapnya.


Rektor mengatakan standar minimal untuk penyelenggaraan kegiatan nasional dalam hal sarana dan prasarana di Sumbar sudah bisa terpenuhi.


"Khusus di UNP, apabila ada fasilitas yang belum memenuhi syarat maka kami akan segera lengkapi karena masih ada waktu," ucap Rektor.(Rel Hms/RDz)