Tim Penilai Kelurahan Berprestasi Sebut Padang Panjang Kota Tercepat dalam Penanganan Covid-19 -->

IKLAN ATAS

Tim Penilai Kelurahan Berprestasi Sebut Padang Panjang Kota Tercepat dalam Penanganan Covid-19

Senin, 21 Juni 2021
Ketua Tim Penilai Kelurahan Berperestasi Sumbar. Syafrizal Ucok didampingi walikota Fadly Amran dan Ketua DPRD Mardiansyah di Kelurahan Ganting, Kec. Padang Panjang Timur, Senin (21/6).


Padang Panjang, fajarsumbar.com - Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD)  Sumatra Barat, Drs. H. Syafrizal Ucok, MM Datuak Nan Batuah mengatakan, dari 16 kabupaten/kota di Sumbar yang mengikuti lomba Kelurahan Berprestasi Tingkat Provinsi, Kota Padang Panjang dianggap lebih cepat dalam penanggulangan Covid-19.


Hal ini disampaikan Syafrizal dalam sambutannya selaku ketua Tim Penilai pada acara penilaian Kelurahan Berprestasi di Kelurahan Ganting, Kecamatan Padang Panjang Timur, Senin (21/6). 


Dikatakannya, penilaian lomba kali ini, berbeda dengan tahun sebelumnya. Pada tahun lalu penilaian lebih ke arah ekonomi, namun  tahun ini penilaian mengarah pada penanggulangan dan upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di tingkat kelurahan. Temanya, "Desa dan Kelurahan Bangkit, Sehat, Maju dan Sejahtera Dimasa Pandemi Covid-19".


"Sebenarnya yang berlomba itu bukan lurahnya. Yang berlomba itu pemerintah daerah, antarpemerintah daerah. Apabila tidak ada peran dari kepala daerahnya, sentuhan dari sekda-nya, tentu kelurahan menghadapi lomba ini dengan seadanya," tuturnya.


Pak Ucok (sapaan Syafrizal)  mengapresiasi sambutan Kelurahan Ganting kepada tim penilai yang didampingi langsung oleh walikota, Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano, Wakil Wali Kota, Drs. Asrul, Ketua DPRD, Mardiansyah, A.Md, Forkopimda, Sekdako, Sonny Budaya Putra, A.P, M.Si, Ketua TP-PKK, dr. Dian Puspita Fadly Amran, Sp.JP, Wakil Ketua TP-PKK, Nova Era Yanthy Asrul, Ketua Kerapatan Adat Nagari (KAN) Gunung, Dr. Ir. H. Yurnalisman Syam, MM, asisten, staf ahli, kepala OPD,  tokoh masyarakat yang secara lengkap hadir di lokasi penilaian.


Sementara wako Fadly menyampaikan, evaluasi yang dilakukan tim penilai, semata-mata untuk memaksimalkan fungsi birokrasi pemerintah di tengah masyarakat.


"Banyak tanggung jawab yang harus kita lakukan di berbagai bidang. Tim penilai akan melihat ini, bagaimana Kelurahan Ganting betul-betul bisa merepresentasikan kelurahan yang baik, kelurahan yang tata kelola manjemennya baik dan tentunya bermanfaat bagi masyarakat banyak," ucapnya.


Fadly juga bekesempatan memaparkan secara singkat, apa-apa saja yang menjadi keunggulan di Kelurahan Ganting. Salah satunya, kelurahan ini mempunyai jumlah UMKM terbanyak di Kecamatan Padang Panjang Timur, memikili posyandu terbaik di Padang Panjang, dan pencatatan kepemilikan KTP-elektronik  tertinggi di Padang Panjang yang mencapai angka 99%.


Dengan semua keunggulan yang ada di Ganting, dan juga inovasi dalam penanggulangan Covid-19, Fadly berharap kelurahan ini mendapat nilai yang baik, dan bisa mewakili Sumbar di tingkat nasional.


Kegiatan diisi dengan ekpose Lurah Ganting, Januardi, S.E, wawancara per bidang kegiatan dan dilanjutkan peninjauan lapangan oleh tim penilai pada masing-masing bidang penilaian. (syam)