Wabup Richi Aprian Silahturahmi dengan Jajaran Kemenag Tanah Datar -->

IKLAN ATAS

Wabup Richi Aprian Silahturahmi dengan Jajaran Kemenag Tanah Datar

Senin, 21 Juni 2021
Wabup Richi Aprian foto bersama dengan jajaran Kemenag Tanah Datar, Senin (21/6).


Tanah Datar, fajarsumbar.com - Wakil Bupati (Wabup) Tanah Datar Richi Aprian, SH. MH, menghadiri Rakor bulanan sekaligus silahturahmi dengan jajaran Kemenag Tanah Datar, di Aula Kantor Kemenag, Senin (21/6/2021).


Wabup memberikan apresiasi yang tinggi kepada Kantor Kementerian Agama Tanah Datar beserta jajarannya, yang telah memberikan dukungan dan kerjasama yang baik dalam mewujudkan Kabupaten Tanah Datar yang madani berlandaskan Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah (ABS-SBK).


Demikian disampaikan Wabup Richi didepan jajaran pegawai Kemenag Tanah Datar, yang diikuti Kasubbag TU, Para Kasi/Penyelenggara, Kepala Madrasah, Kepala KUA, Penghulu, Penyuluh Agama Kecamatan dan ASN Kemenag Tanah Datar. Juga dihadiri Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Riswandi, Camat Lima Kaum Hendra, dan Dekan Fakultas Syari'ah IAIN Batusangkar H. Zainuddin. 


"Saya harap, agar kerjasama yang telah terbina dengan baik itu perlu dipertahankan dan ditingkatkan, dalam mewujudkan visi dan misi Kabupaten Tanah Datar," ucap Wabup. 


Selanjutnya Richi tambahkan, untuk melaksanaan cita-cita bangsa dalam mewujudkan tujuan negara, seperti tercantum dalam Pembukaan UUD 1945. Untuk Itu perlu dibangun ASN yang memiliki integritas, profesional, netralitas dan bebas dari intervensi, bersih dari praktek KKN. 


"ASN harus mampu menyelenggarakan pelayanan publik bagi masyarakat, dan mampu menjalankan peran sebagai unsur perekat persatuan dan kesatuan bangsa," tambah Richi.


Wabup juga ucapkan terimakasih atas terlaksananya kerjasama IAIN Batusangkar dengan Kemenag Tanah Datar, dalam pelaksanaan penasehatan perkawinan. "Mari kita bersama-sama menekan angka perceraian di Kabupaten Tanah Datar, yang akhir-akhir ini masih cukup tinggi, baik cerai talak maupun cerai gugat," pungkas Richi Aprian. 


Sebelumnya Kakankemenag Tanah Datar H. Syahrul dalam sambutannya menyampaikan, ASN yang status sebagai PNS di jajaran Kemenag Tanah Datar hampir mencapai 1000 orang, ini belum termasuk yang non PNS.


"Kesemua ASN itu tersebar di 14 Kecamatan yang ada di Kabupaten Tanah Datar, ada yang ditugaskan di Kantor Kemenag, Kantor KUA dan Madrasah, serta ada juga yang dilapangan memberikan penyuluhan," urai H. Syahrul. 


Kakankemenag tambahkan, pegawai yang ditugaskan dilapangan yaitu Penyuluh Agama Islam yang merupakan corong untuk penyampai pesan-pesan Pemerintah dengan bahasa Agama. "Dalam situasi pandemi Covid-19 saat ini penyuluh merupakan ujung tombak penyampai informasi, sekaligus sebagai penyejuk ditengah masyarakat, karena apa yang disampaikan dilandasi Al-Quran dan Hadits, dalam hal kesiapan masyarakat menghadapi pandemi Covid-19 ini, ujar H. Syahrul. 


Sebagai penutup Kakankemenag  juga sampaikan, Kemenag Tanah Datar bersepakat membuat MoU dengan Fakultas Syari’ah IAIN Batusangkar dalam bidang Sertifikasi Produk Halal dan Penasehatan Perkawinan. (fdy)