Warga Tanah Datar Dipersiapkan Siap Hadapi Bencana -->

IKLAN ATAS

Warga Tanah Datar Dipersiapkan Siap Hadapi Bencana

Selasa, 22 Juni 2021

 

Pembentukan dan Pelatihan FPRB Tanah Datar, di Aula Kantor Bupati, Selasa (22/6).


Tanah Datar, fajarsumbar.com - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sumatera Barat bersama BPBD Tanah Datar melaksanakan pelatihan pencegahan mitigasi bencana/sosialisasi pembentukan Forum Pengurangan Resiko Bencana (FPRB) yang dibuka Bupati Tanah Datar diwakili Staf Ahli Bupati Bidang SDM dan Kemasyarakatan dr. Ermon Revlin, di Aula Kantor Bupati, di Pagaruyung, Selasa (22/6/2021). 


Hadir pada kesempatan tersebut, Kasi Kesiapsiagaan BPBD Provinsi Sumatera Barat Ilham Wahab, Kalaksa BPBD Tanah Datar diwakili oleh Kabid RR Syofyan Ali Zumara, Pimpinan OPD terkait, pimpinan BUMN dan Ormas Mitra Kebencanaan BPBD Kabupaten Tanah Datar.


Staf Ahli Bupati Bidang SDM dan Kemasyarakatan dr. Ermon sampaikan, Pemerintah Kabupaten Tanah Datar menyambut baik akan dibentuknya suatu wadah, untuk melatih kesiapsiagaan masyarakat menghadapi bencana, agar masyarakat bisa jauh dari bencana dan mengurangi resiko dari bencana tersebut. 


"Pemkab menyambut baik kegiatan ini, untuk membentuk wadah berupa FPRB untuk kesiapsiagaan masyarakat menghadapi bencana," kata Ermon.


Ermon tambahkan, setelah terbentuknya FPRB nantinya diharapkan bisa mengoptimalkan pengurangan resiko bencana, karena bencana itu tidak diketahui datangnya, untuk itu sangat dibutuhkan kerja sama dari semua pihak. "Diharapkan FPRB berpartisipasi di tengah masyarakat, bersama penggiat bencana dan tenaga satgas bencana, yang ada di masing-masing Nagari," pesannya.


Sementara itu, Kasi Kesiapsiagaan BPBD Sumbar Ilham Wahab sampaikan, FPRB adalah perwujudan partisipasi masyarakat dalam penanggulangan bencana di daerah, yang terdiri dari perwakilan OPD, Lembaga usaha, Akademisi, Ormas, LSM, Media Massa dan relawan.


Ilham tambahkan, tujuan dibentuknya FPRB adalah untuk memastikan pembangunan daerah dan kebijakan yang diambil berbasis pengurangan resiko bencana, yang merupakan tindaklanjut dari Pelatihan FPRB Provinsi Sumatera Barat tanggal 21 Mei 2021 yang lalu, dengan harapan agar dapat terbentuk FPRB di setiap Kabupaten/Kota se-Sumatera Barat.


"Jambore FPRB se-Sumatera Barat yang direncanakan diadakan di Kabupaten Solok Selatan dengan menghadirkan Wali Nagari," kata Ilham. 


Pada kesempatan tersebut menghadirkan pemateri dari Kepala Markas PMI Provinsi Sumatera Barat Hidayatul Irwan, S.Kom, MT dengan judul Pembentukan atau Penguatan FPRB dan Elfinita (Himpunan Wanita Disabilitas Provinsi Sumatera Barat).


Di akhir kegiatan telah ditetapkan Pengurus Harian Forum PRB Kabupaten Tanah Datar dengan Ketua Drs. Revoldesman (Kwarcab 0304 Tanah Datar), Wakil Ketua Afrizal (Forum Relawan Tanah Datar), Sekretaris Faisal, S.HI (PMI Tanah Datar) dan Wakil Sekretaris BPBD Kabupaten Tanah Datar. (fdy)