14 Kapal Nelayan Tenggelam di Kalimantan Barat, 9 Masih Raib -->

IKLAN ATAS

14 Kapal Nelayan Tenggelam di Kalimantan Barat, 9 Masih Raib

Kamis, 15 Juli 2021
Sebanyak 14 kapal motor nelayan dilaporkan tenggelam di perairan Kalimantan Barat. Sembilan di antaranya belum ditemukan. Ilustrasi. (antara)


Jakarta - Kantor Pencarian dan Penyelamatan (SAR) Pontianak melaporkan terdapat 14 kapal nelayan tenggelam di perairan Kalimantan Barat (Kalbar), karena dampak cuaca buruk sejak Selasa (13/7) malam.


"Data sementara atau informasi yang kami terima ada sekitar 14 kapal motor nelayan yang tenggelam akibat cuaca buruk Selasa malam dan Rabu pagi," kata Kepala Kantor SAR Pontianak, Yopi Haryadi, Kamis (15/7).


Yopi menyebut dari 14 kapal nelayan yang tenggelam, lima di antaranya sudah ditemukan. Sementara itu, sembilan kapal lainnya masih dalam pencarian, sebagaimana dikutip cnnindonesia.com.


Menurutnya, lokasi kapal tenggelam ini tersebar di wilayah perairan Kabupaten Kubu Raya, Mempawah, Sambas dan lainnya.


Sebelumnya, Kantor SAR Pontianak telah membantu pencarian dua kapal pencari ikan, KM Bersama IV dan KM Haidan yang tenggelam pada Selasa (13/7) malam dan Rabu (14/7) dini hari.


"Kami sudah menurunkan tim pencarian dan pertolongan untuk mencari dua KM beserta anak buah kapal (ABK)," kata Yopi.


Yopi menambahkan saat ini pihaknya masih mencari masing-masing awak kapal nelayan yang tenggelam itu. Total ada 13 awak kapal yang berada di dua kapal nahas tersebut.


"KM Bersama IV tenggelam dengan tiga awak kapal di dalamnya, sedangkan KM Haidan membawa sepuluh awak kapal, semuanya masih dalam pencarian kami," ujarnya.


Yopi mengatakan pencarian ABK kapal motor nelayan yang tenggelam di Kalimantan Barat itu dibantu nelayan setempat.


"Fokus pencarian kami saat ini untuk menemukan masing-masing awak dua kapal tersebut. Untuk pencarian KM Bersama IV, kami memberangkatkan satu Tim Rescue Pos SAR Sintete, sedangkan untuk KM Haidan dilakukan pencarian oleh Tim Rescue Kantor SAR Pontianak," katanya.(*)