77 Alsintan Untuk Keltan di Tanah Datar Diberikan Lewat Dana Pokir Anggota DPRD Provinsi Fraksi Demokrat -->

IKLAN ATAS

77 Alsintan Untuk Keltan di Tanah Datar Diberikan Lewat Dana Pokir Anggota DPRD Provinsi Fraksi Demokrat

Senin, 19 Juli 2021
Bupati Tanah Datar didampingi anggota DPRD Provinsi Jefri Masrul menyerahkan Alsintan kepada Keltan, di Halaman Dinas Pertanian, Senin (19/7)


Tanah Datar, fajarsumbar.com - Anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat dari fraksi Partai Demokrat Jefri Masrul, menyerahkan 77 unit Alat Mesin Pertanian (Alsintan) kepada Kelompok Tani (Keltan) yang ada di Kabupaten Tanah Datar, di halaman kantor Dinas Pertanian Kabupaten Tanah Datar, Senin (19/7/21). 

 

Penyerahan Alsintan ini juga dihadiri Anggota DPRD Tanah Datar dari fraksi Partai Demokrat Nurhamdi Zahari, Dinas Pertanian Provinsi Sumatera Barat, Kepala Dinas Pertanian Yulfiardi, Kabag Humas dan Protokol Yusrizal, anggota kelompok tani dan undangan lainnya.


Jefri Masrul di kesempatan itu mengatakan, bantuan Alsintan untuk Keltan yang berjumlah 77 unit, masing-masing 38 Handtractor, 15 unit Cultifator, 13 unit Pompa Air dan 10 unit Konseler serta 1 unit Komben Mini. Bantuan ini berasal dari dana pokir anggota DPRD Provinsi Sumbar dari Fraksi Demokrat, dan pembagiannya akan diberikan kepada Keltan yang ada di Kecamatan se-Tanah Datar.


"Mudah-mudahan bantuan Alsintan ini bisa dimanfaatkan oleh Keltan, untuk meningkatkan hasil pertanian bagi masyarakat," harap Jefri.


Jefri Masrul juga menyampaikan, selain bantuan Alsintan, anggota DPRD Provinsi Sumbar dari Fraksi Demokrat juga memiliki dana pokir, untuk bantuan bibit jagung sebanyak 7 Keltan dan bantuan bibit bawang sebanyak 4 Keltan, yang akan segera digulirkan oleh Dinas Pertanian Provinsi untuk masyarakat Kabupaten Tanah Datar.


Sementara Bupati Eka Putra pada kesempatan yang sama secara pribadi dan sebagai pimpinan daerah mengucapkan terimakasih kepada anggota DPRD Provinsi Sumbar dari Fraksi Partai Demokrat Jefri Masrul, yang menurutnya telah melaksanakan janji-janji kampanyenya dulu ketika mencalonkan diri menjadi anggota DPRD Provinsi.


"Bantuan Alsintan sebanyak 77 unit ini sangat luar biasa dan banyak sekali. Untuk itu diharapkan kepada Keltan untuk tidak monopoli dalam pemakaiannya nanti, serta juga diingatkan terkait bagaimana pemeliharaannya nanti," kata Eka. 


Eka Putra juga mengatakan bahwa sektor pertanian mempunyai peranan penting terhadap perekonomian di Kabupaten Tanah Datar. Pada tahun 2020, sektor pertanian di Tanah Datar memberikan kontribusi terhadap PDRB sebesar 29,81 %, sehingga pembangunan pertanian menjadi prioritas bagi Pemerintah Tanah Datar. 


Eka Putra di kesempatan itu juga mengatakan, bahwa janji politiknya saat mencalonkan diri sebagai Bupati di Kabupaten Tanah Datar tentang 'Bajak Gratis' bagi para petani baru bisa dilaksanakan pada tahun 2022 mendatang. 


"Program 'Bajak Gratis' baru bisa terlaksana pada tahun 2022 nanti, karena sekarang kami baru mempersiapkan baik anggaran, Alsintan, dan tenaganya, dan anggarannya nanti ada di tahun 2022," terang Eka Putra. 


Di akhir sambutannya Bupati Eka Putra juga tidak lupa mengingatkan kepada seluruh anggota kelompok tani, untuk selalu manjaga kesehatanya dimasa pademi dengan mematuhi protokol kesehatan, agar tidak terpapar dengan Covid-19, serta mengajak untuk segera melakukan vaksinasi.


"Jangan takut divaksin, karena vaksin adalah benteng terakhir di tubuh kita untuk melawan virus corona, dan tentu akan meningkatkan kekebalan tubuh kita. Kita berharap apabila semua kita sudah divaksin, tentu kekebalan tubuh akan bertambah dan nantinya bila kita berjumpa, tidak perlu lagi takut untuk berjabat tangan," pungkas Bupati. (fdy)