Di Padang Panjang 609 Sapi dan 19 Kambing akan Dipotong -->

Iklan Atas

Di Padang Panjang 609 Sapi dan 19 Kambing akan Dipotong

Senin, 19 Juli 2021

Pemeriksaan hewan  kurban oleh petugas kesehatan hewan di Padang Panjang.


Padang Panjang, fajarsumbar.com - Sekurang-kurangnya 609 ekor sapi dan 19 ekor kambing  akan dipotong saat hari raya Idul Adha di 116 lokasi pemotongan di Kota Padang Panjang, Selasa dan Rabu (20-21/7). 


Pelaksanaan pemotongan hewan kurban ini, beberapa tempat ada yang melaksanakan saat hari Raya Idul Adha, dan juga ada satu hari setelahnya. 


Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pangan dan Pertanian (Dispangtan), drh. Wahidin Beruh mengatakan, jumlah ini jauh lebih banyak dibanding tahun 2020. Tahun lalu di Padang Panjang  575 hewan yang dikurbankan. Tahun 2021 mengalami kenaikan 9,2% atau  53 ekor hewan kurban. 


Wahidin  menjelaskan, untuk pemeriksaan hewan kurban dilakukan dua kali, yakni sebelum pemotongan (mortem) dan setelah atau saat pemotongan (post mortem). 


"Kita  membentuk tim untuk pemeriksaan hewan kurban ini. Beberapa minggu ini sudah dilaksanakan pemeriksaan oleh tim. Satu tim menangani dua kelurahan. Hewan kurban diperiksa sesuai dengan syariatnya," ujarnya. 


Saat pemotongan hewan, tim pemeriksaan hewan juga akan turun langsung ke tempat pemotongan untuk dilakukan pemeriksaan post mortem. Untuk memastikan hewan kurban aman saat disembelih, sesuai dengan syariat dan kaidah kesejahteraan hewan (kesrawan), dan juga kesehatan organ dalam dari hewan kurban tersebut.


Hingga Senin sore panitia kurban sudah membagi-bagikan kupon untuk pengambilan  daging kepada masyarakat sekitar lokasi penyembihan. Hewqn kurban tidak hanya dipotong di pekaran masjid/musla, juga di tanah lapang dan pekarangan rumah penduduk. (syam)