Hewan Kurban di Dharmasraya Mencapai 1.344 Ekor -->

IKLAN ATAS

Hewan Kurban di Dharmasraya Mencapai 1.344 Ekor

Rabu, 21 Juli 2021

 

Bupati Sutan Riska Tuanku Kerajaan menyerahkan hewan kurban secara simbolis kepada panitia kurban. (ist)



Dharmasraya - Dinas Sosial P3AP PKB Kabupaten Dharmasraya mencatat jumlah hewan kurban pada Hari Raya Idul Adha 1442 Hijriah Tahun 2021 masehi di Dharmasraya mencapai 1.344 Ekor. Terdiri dari 20 ekor kerbau, 1.199 ekor sapi dan 125 ekor kambing.


"Pemerintah Kabupaten Dharmasraya dan  Lembaga Koordinasi Kesejahteraan Sosial (LKKS) juga menyumbang 28 hewan kurban untuk dibagikan ke sejumlah nagari yang mem butuhkan dalam perayaan Idul Adha tahun ini. 28 hewan kurban tersebut terdiri dari 25 ekor Sapi dan 3 ekor Kambing. Sudah diserahkan secara simbolis oleh Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan di Pasar Ternak Gunung Medan, Senin (19/7)," ungkap Kepala Dinas Sosial P3APPKB Dharmasraya, Bobby Perdana Riza, Selasa (20/7).


Lanjut Bobby, 28 hewan kurban tersebut merupakan sumbangan dari Forkopimda, OPD, Perusahaan, Perbankan dan KUD di Kabupaten Dharmasraya.


"Ada sumbangan hewan kurban juga dari KUD  Sinamar 1 ekor sapi. Semoga ini dapat menjadi pemicu bagi KUD  lainnya untuk bekerjasama dengan LK KS, menyumbangkan hewan qurban bagi masyarakat yang membutuhkan," katanya.


Tambah Bobby, total hewan kurban dari 11 kecamatan se- Dharmasraya mencapai 1.344 ekor. Terdiri dari 20 ekor kerbau, 1.199 ekor sapi dan 125 ekor kambing. Namun jum lah tersebut tidak terdistribusi merata di setiap nagari. Ada nagari yang hewan kurbannya melimpah, mencapai ratusan. Ada pula yang minim.


"Oleh sebab itu, pemerintah daerah bekerjasama dengan LKKS dalam upaya meratakan distribusi kurban, sehingga nagari yang kekurangan hewan kurban bisa kita bantu dengan sumbangan dari berbagai pihak yang bergabung di LKKS," pungkasnya.


Sementara itu, Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak  yang sudah berkenan memberikan kontribusi langsung sebagai penyumbang hewan kurban.


"Semoga tahun depan lebih banyak lagi pihak yang berpartisipasi, terutama perusahaan, sehingga kita bisa merasakan kebahagiaan Idul Adha secara bersama, terutama untuk masyarakat yang membutuhkan. Mari kita berdoa dan menyisihkan uang kita mulai besok, agar bisa kembali berkurban tahun depan," ungkap bupati.


Kepada masyarakat penerima, bupati mengajak untuk mendoakan kebaikan orang yang berkurban. "Do'akan orang yang berkurban sehat, rezekinya banyak, sehingga tahun depan bisa berkurban lagi," ucapnya.


Dalam upaya mencegah penyebaran Covid-19, bupati meminta penyembelihan dan pendistribusian hewan kurban dilakukan dengan memperhatikan protokol kesehatan. 


"Kalau bisa diantarkan langsung oleh panitia ke rumah-rumah warga, sehingga tidak ada kerumunan. Jangan sampai nanti hewan kurban dapat, kitanya malah positif Covid-19. Jadi mohon tetap patuhi prokes, karena beberapa hari belakangan ini peningkatan kasus covid cukup tinggi di daerah kita," pungkasnya. (*)