Inggris Tempatkan 2 Kapal Perang di Perairan Asia -->

Iklan Atas

Inggris Tempatkan 2 Kapal Perang di Perairan Asia

Rabu, 21 Juli 2021


Ilustrasi


Jakarta  -- Inggris akan secara permanen menempatkan dua kapal perang mereka di perairan Asia pada akhir tahun ini. Itu dilakukan Inggris setelah kapal perang mereka, Ratu Elizabeth dan kapal pengawalnya berlayar ke Jepang pada September lalu.


Kapal induk Inggris yang membawa jet siluman F-35B dalam pelayaran perdananya nanti akan berlabuh di Yokosuka. Itu merupakan markas komando armada Jepang dan USS Ronald Reagan, satu-satunya kapal induk AS yang dikerahkan di kawasan itu.


Rencana untuk menempatkan kapal perang itu datang ketika London tengah berupaya memperdalam hubungan keamanan dengan Tokyo yang beberapa bulan belakangan ini menyatakan kekhawatiran mereka atas ambisi China memperluas jangkauan teretorial mereka di Asia, termasuk Taiwan.


"Menyusul pengerahan perdana kelompok penyerang, Inggris akan secara permanen menempatkan dua kapal di kawasan itu mulai akhir tahun ini," kata Menteri Pertahanan Inggris Ben Wallace dalam pengumuman bersama dengan Menhan Jepang Nobuo Kishi seperti dikutip dari CNN.com, Rabu (21/7).


Sebagai sekutu dekat AS yang menjadi seteru China di kawasan Laut China Selatan, Jepang memang menjadi tuan rumah konsentrasi terbesar pasukan militer AS di luar Amerika Serikat. Konsentrasi itu termasuk kapal, pesawat terbang, dan ribuan marinir.


Sementara itu seorang juru bicara kedutaan Inggris di Jepang menyatakan kapal militer di negaranya tidak akan memiliki pangkalan permanen di Jepang. (*)