Jepang Tembus Rekor Dunia Kecepatan Internet 319 Tbps -->

Iklan Atas

Jepang Tembus Rekor Dunia Kecepatan Internet 319 Tbps

Senin, 19 Juli 2021


Ilustrasi


Jakarta  -- Ilmuwan Jepang di National institute of Information and Communications Technology (NICT) telah berhasil mencetak rekor kecepatan maksimal internet 319 terabit per detik (tbps). Ini hampir dua kali rekor sebelumnya yaitu 178 tbps.


Tes kecepatan internet itu dilakukan di laboratorium menggunakan teknologi eksperimental kabel serat optik dengan empat inti (core) di dalam kabel ukuran standar. Biasanya kabel serat optik hanya memakai satu inti dan banyak bahan penutup (silinder kabel/kelongsong) untuk melindungi pergerakan data.


"Empat inti dengan diameter kelongsong standar menarik untuk penggunaan awal serat optik dalam kapasitas tinggi, koneksi jarak jauh, karena kompatibel dengan infrastruktur kabel konvensional dan diharapkan memiliki keandalan mekanis sebanding dengan serat optik satu inti," tulis NICT dalam makalahnya yang disitat dari Vice, Jumat (16/7).


Menurut penjelasan endgadget.com, para ahli dapat melakukan transfer data sejauh 1.864 mil (2.999 km) tanpa mengalami degradasi sinyal ataupun kecepatan. Kecepatan ini dikatakan juga didukung tembakan 552 saluran laser di berbagai panjang gelombang untuk mendapatkan kecepatan sangat tinggi, sebagaimana dikutip cnnindonesia.


Meski menakjubkan perlu dipahami kecepatan ini didapat berdasarkan hasil uji di laboratorium. Masih butuh waktu dan visibilitas pendanaan sampai penelitian ini bisa diaplikasikan ke dunia nyata.


Peneliti NICT meyakini teknologi ini bisa diimplementasikan di jaringan kabel optik internet yang sudah ada buat mempercepat kecepatan internet. Mereka membayangkan teknologi ini bisa menciptakan sesuatu di atas 5G.(*)