Masjid Raya Sumbar Sembelih Sapi Presiden Jokowi Berat 1,2 Ton -->

IKLAN ATAS

Masjid Raya Sumbar Sembelih Sapi Presiden Jokowi Berat 1,2 Ton

Rabu, 21 Juli 2021

 

Gubernur Sumatra Barat H. Mahyeldi didampingi Kepala Dinas Peternakan Sumbar, Drh. Erinaldi menyerahkan sapi kurban Presiden Jokowi ke pengurus Masjid Raya Sumbar,Senin (19/7).(ist)


Padang - Seberat 1,2 ton Sapi Presiden Jokowi dipotong di Masjid Raya Sumbar dan dibagikan untuk masyarakat sekitar. Sapi kurban presiden ini paling berat dari tahun-tahun sebelumnya. 

 

Penyerahan dilakukan secara simbolis oleh Gubernur Sumatra Barat, H. Mahyeldi didampingi Kepala Dinas Peternakan Sumbar, Drh. Erinaldi ke pengurus Masjid Raya Sumbar, Senin (19/7) lalu.


Gubernur Sumbar, Mahyeldi mengatakan, Presiden Joko Widodo berkurban 35 ekor sapi pada hari raya Idul Adha 1442 Hijriah/2021 Masehi. Satu di antara sapi kurban Presiden tersebut diserahkan ke Provinsi Sumatra Barat.


Sapi Presiden tersebut berjenis simental berbobot 1,2 ton, berasal dari Nagari Gadut, Kecamatan Tilatang Kamang, Kabupaten Agam yang lebih berat dibandingkan dengan tahun lalu yang beratnya 1,08 ton.


"Alhamdulillah bantuan Bapak Presiden sudah kita serahkan pada pengurus Masjid Raya Sumbar. Ini wujud perhatian Presiden pada Sumbar dan insyaallah daging kurban akan kita bagikan pada masyarakat yang membutuhkan," ujar Mah yeldi.


Erinaldi mengatakan, Sapi Presiden Jokowi kali ini dipilih dari 8 sapi terbaik atau unggulan dari beberapa daerah di Sumbar. Menurutnya, sapi sismental ini adalah sudah menjadi bibit lokal Sumbar dan sudah banyaknya juga dikirim ke luar Sumbar.  


Dijelaskan Erinaldi pemilihan sapi milik Presiden itu selain melihat aspek bobot, pertimbangan pemilihan sapi ini sudah melalui seleksi yang cukup ketat seperti pemeriksaan kesehatan oleh dokter hewan di Dinas Peternakan.


"Sapi ini sebelumnya telah melewati verifikasi dari tim, dan tim menilai sapi ini lebih unggul dibandingkan sapi dari daerah lain di Sumbar, sehingga terpilihlah sapi ini," kata Erinaldi.Pemprov Sumbar pada Idul Adha tahun ini juga menyiapkan 30 ekor sapi yang berasal dari seluruh OPD Pemprov Sumbar untuk disalurkan keber bagai daerah terpencil di Sumbar.  Di antaranya di Tigo Lurah Kabupaten Solok, Nagari Muaro Sungai Lolo dan Rao, di Kabupaten Pasaman.


Kabiro Bina Sosial Pemprov Sumbar, Syaifullah menambahkan, penyembelihan sapi kurban dari Presiden dan sapi dari Dinas Peternakan Sumbar dilaksanakan di Masjid Raya, Selasa (20/7/2021). Pengurus Masjid Raya Siapkan sedikitnya 1.000 kantong daging. (*)