Menang Adu Penalti Atas Spanyol, Italia ke Final Euro 2020 -->

IKLAN ATAS

Menang Adu Penalti Atas Spanyol, Italia ke Final Euro 2020

Rabu, 07 Juli 2021

 

 

Italia kalahkan Spanyol lewat adu penalti. (Pool via REUTERS/FRANK AUGSTEIN)


Jakarta Italia lolos ke final Euro 2020 (Euro 2021) usai menang adu penalti 4-2 (1-1) atas Spanyol di babak semifinal di Stadion Wembley, Rabu (7/7) dini hari waktu Indonesia.


Italia dan Spanyol bermain imbang 1-1 dalam waktu normal. Azzurri unggul lebih dahulu lewat gol Federico Chiesa pada menit ke-60 memanfaatkan bola liar yang gagal disapu bersih lini belakang Spanyol.


Pada menit ke-80 Spanyol berhasil menyamakan kedudukan lewat sontekan Alvaro Morata setelah memainkan umpan satu-dua dengan Daniel Olmo, sebagaimana dikutip cnnindonesia com.


Hasil imbang itu memaksa laga dilanjutkan dengan dua kali babak tambahan.


Pada babak tambahan pertama Spanyol menggempur pertahanan Italia. Pada menit ke-98, lewat tendangan bebas Daniel Olmo, Morata memiliki peluang, tetapi tendangannya membentur pertahanan Italia.


Gerard Moreno memberikan ancaman ke pertahanan Spanyol lewat umpan silang pada menit ke-102, namun bisa diamankan Donnarumma.


Domenico Berardi bisa membobol gawang Unai Simon pada menit ke-110. Akan tetapi, gol itu dianulir lantaran Berardi lebih dahulu dalam posisi offside. Tanpa gol di babak tambahan, laga Italia vs Spanyol dilanjutkan ke adu penalti.


Manuel Locatelli yang jadi penendang pertama Italia gagal menjalankan tugasnya setelah tendangannya yang ke sisi kanan ditepis Unai Simon.


Akan tetapi, Daniel Olmo juga tidak bisa memanfaatkan kesempatan membawa Spanyol unggul. Tendangan Olmo melayang di atas mistar gawang Donnarumma.


Andrea Belotti membawa Italia unggul. Meski terbaca, tendangan Belotti gagal diselamatkan Unai Simon. Gerard Moreno membawa skor penalti kembali imbang 1-1 usai sepakannya ke sisi kiri gagal dimentahkan Donnarumma.


Leonardo Bonucci kembali membawa Azzurri unggul 2-1. Sesaat kemudian, Thiago Alcantara mengubah skor jadi 2-2.


Federico Bernardeschi membuat Italia unggul 3-2. Morata yang jadi penyeimbang di waktu normal gagal mengubah skor. Tendangan Morata ke sisi kiri bisa ditepis Donnarumma.


Jorginho yang jadi penendang terakhir Italia sukses membawa timnya unggul 4-2 sekaligus memenangi pertandingan atas Spanyol. Italia lolos ke final Euro 2020 usai menang 4-2 atas Spanyol dalam adu penalti.


Susunan Pemain:


Italia: Donnarumma; Di Lorenzo, Bonucci, Chiellini, Emerson; Barella, Jorginho, Verratti; Chiesa, Immobile, Insigne


Spanyol: Unai Simon; Azpilicueta, Laporte, Eric Garcia, Jordi Alba; Koke, Busquets, Pedri; Dani Olmo, Ferran Torres, Oyarzabal.(*)