Pemkab Tanah Datar Gelar Bimtek Penyusunan Cascading dan Indikator Kinerja -->

Iklan Atas

Pemkab Tanah Datar Gelar Bimtek Penyusunan Cascading dan Indikator Kinerja

Rabu, 07 Juli 2021
Pelaksanaan Bimtek Penyusunan Cadcading dan Indikator Kinerja di Aula Kantor Bupati, Rabu (7/7).


Tanah Datar, fajarsumbar.com - Pemerintah Kabupaten Tanah Datar menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Penyusunan Cascading dan Indikator Kinerja, guna meningkatkan kualitas perencanaan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP), yang dibuka Bupati Tanah Datar diwakili Plh. Sekda Edi Susanto, di aula kantor Bupati, Rabu (7/721). 


Ketua Pelaksana Adriyanti Rustam yang juga menjabat Kabag Organisasi Setda dalam laporannya menyampaikan, Bimtek dilaksanakan langsung dan juga secara virtual. "Peserta yang hadir staf ahli, Asisten, Kepala OPD selain Camat, Ketua Forum Camat dan tim penyusun RPJMD Tanah Datar, sedangkan Camat se-Tanah Datar dan Tim Sakip perangkat daerah melalui virtual," terangnya.


Disebutkan Adriyanti, Bimtek yang menghadirkan narasumber secara virtual Ronald Andrea Annas yang menjabat Asisten Deputi Koordinasi Pelaksanaan Kebijakan dan Evaluasi Reformasi Birokrasi Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan I Kemenpan RB. 


"Bimtek ini juga sebagai bentuk kita menindaklanjuti rekomendasi dari Kemenpan RB atas evaluasi SAKIP tahun 2020 lalu, di mana salah satunya adalah sasaran dan tujuan strategis yang ada pada dokumen perencanaan pemerintah daerah maupun OPD, yang belum sepenuhnya menjawab isu strategis yang dihadapi," kata Adriyanti. 


Hal yang sama disampaikan Bupati Tanah Datar melalui Plh. Sekda Edi Susanto yang menyampaikan, isu strategis yang dihadapi juga belum dilengkapi dengan indikator kinerja yang smart, sehingga program dan kegiatan yang ditetapkan belum maksimal menjawab permasalahan pada masyarakat.


"Rekomendasi dari Kemenpan RB lainnya adalah belum terlihatnya hubungan lintas fungsi antar OPD, untuk mendukung kinerja utama kepala daerah secara menyeluruh, karena itu perlu keterlibatan aktif kepada OPD dalam pengambilan keputusan strategis," kata Edi.


Ditambah Edi lagi, hasil evaluasi SAKIP yang diberikan Kemenpan RB, menjadi gambaran bagaimana kemampuan OPD dan Kepala OPD, dalam turut mendukung kerja pencapaian Visi dan Misi serta tujuan kepala daerah.


"Makanya Bimtek ini dilaksanakan untuk mempertajam kemampuan kita dan melahirkan SDM yang semakin baik, selaku perpanjangan tangan Kepala Daerah untuk pencapaian Visi dan Misi yang tertuang dalam RPJMD Tanah Datar tahun 2021-2026," tukas Plh. Sekda Edi Susanto. (fdy)