Prabowo Waspadai Drone Asing Marak di Bawah Laut RI -->

Iklan Atas

Prabowo Waspadai Drone Asing Marak di Bawah Laut RI

Sabtu, 10 Juli 2021


Ilustrasi laut. (Foto: ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)

Jakarta -  Menteri Pertahanan Prabowo Subianto mengatakan perang yang terjadi saat ini adalah perang ilmu pengetahuan dan teknologi. 


Salah satu contoh adalah maraknya drone yang bertebaran di laut Indonesia. Dia menegaskan drone-drone itu sempat ditemukan di laut Indonesia. 


"Kita semua pernah baca dua-tiga bulan lalu, apa itu? Ketemu, nelayan-nelayan kita di jaringnya ketemu drone-drone laut. Bukan satu, bukan dua, iya kan," kata Prabowo saat menjadi pembicara kunci dalam webinar pertahanan yang digelar Universitas Padjadjaran, Jumat (9/7), sebagaimana dikutip CNNindonesia.com.


Menurutnya, pelbagai drone itu berdatangan dari berbagai negara dan masuk ke laut Indonesia. Prabowo menegaskan hal itu dikarenakan Indonesia memiliki kekayaan di laut yang besar.


"Jadi sudah drone-drone dari negara mana, sudah masuk ke kita. Di mana? Di laut kita. Kenapa? Di laut kita sangat kaya," katanya. Perang saat ini, kata dia, bukan lagi dengan tembakan senjata melainkan dengan teknologi dan ilmu pengetahuan. 


"Kita butuh scientist, kita butuh ilmuwan yang bisa memberi kepada kita teknologi untuk kita bisa siap menghadapi ganguan invasi dari luar, itu intinya," katanya. 


Pada Januari lalu, ditemukan unmanned underwater vehicle (UUV) ataudrone di Pulau Tenggol, Masalembu dan Kepulauan Selayar. Salah seorang pengamat militer Susaningtyas Nefo mengatakan pemerintah diminta segera menetapkan langkah-langkah strategis terkait hal itu. 


"Kemenhan, Mabes TNI dan Mabes TNI AL tidak boleh memandang remeh hasil temuan ketiga UUV beberapa waktu yang lalu. Jangan sampai konsentrasi menghadapi Covid-19 kemudian mengurangi Kewaspadaan Nasional terhadap bahaya perang besar di Laut Cina Selatan," katanya. (*)