Ustadz Dr. H. Syukri Iska, M.Ag Jadi Penceramah Subuh Mubarakah UNP -->

Iklan Atas

Ustadz Dr. H. Syukri Iska, M.Ag Jadi Penceramah Subuh Mubarakah UNP

Jumat, 09 Juli 2021

Ustadz Dr. H. Syukri Iska, M.Ag


Padang, fajarsumbar.com - Ustadz Dr. H. Syukri Iska, M.Ag, bertindak sebagai peneceramah pada kegiatan subuh mubarakah Universitas Negeri Padang UNP dengan topik, Keluwesan dan Keluasan Islam melalui Sistem Ekonomi", secara virtual Jumat pagi, (09/07/2021).


Dalam ceramahnya, Ustaz Dr. H. Syukri Iska, M.Ag mengatakan, "Keluwesan dan Keluasan Islam melalui Sistem Ekonomi", bahwa topik yang disampaikan ini, merupakan bentuk moderasi di dalam Islam yang menunjukkan kelenturan dan keluasan yang tidak kaku dan tidak sempit.


"Dalam kondisi peradaban dunia yang berkembang tentulah keluwesan dan keluasan Islam adalah hal penting dalam menghadapi berbagai aktivitas kehidupan dan kadang-kadang dianggap oleh pandangan tertentu sebagai bid'ah," ungkap Ustaz Dr. H. Syukri Iska, M.Ag.


Murutnya, Islam adalah agama yang sudah amat sempurna hingga mampu menjawab berbagai persoalan kehidupan hingga akhir zaman dan itulah yang menunjukkan keluwesan dan keluasan Islam.


Untuk menempatkan Islam secara proporsional, ada logika bahwa Islam dapat menjawab berbagai persoalan hingga akhir zaman yakni agama rahmatan lillalamin.


Selain itu, bahwa dalam Islam juga ada hal yang disebut dengan ayat-ayat kauniah yakni hal yang fenomena alam dan fenomena sosial yang menunjukkan adanya kausalitas dan juga ada yang luwes dan luas.

Apapun hal dan aktivitas yang bermanfaat bagi kehidupan masyarakat tentulah amat sesuai dengan ajaran Islam dan semua hal kebaikan adalah ajaran Islam, ungkap Direktur Pascasarjana IAIN Batusangkar itu.


Persoalan sah salat, misalnya, menghadap ke kiblat atau masjidil haram dan ketika kita salat di mana pun selalu menghadap ke kiblat. Namun dalam kondisi tertentu seperti di dalam pesawat, bisa saja arah salat kita ke mana saja dan di situ Allah ada. Dalam kondisi seperti ini, Islam menunjukkan adanya keluwesan itu.


Ketika ada penentuan harga barang di pasar yang melonjak tinggi, pada masa Rasulullah sudah ditunjukkan bahwa hal itu harus murni dan alami sebagai hukum pasar. Dalam hal itu, diajarkan oleh Rasulullah tidak boleh ada rekayasa harga, penumpukan barang, rekayasa penjualan, dan rekayasa pembelian.


Jadi dalam Islam, ada keluwessan dan keluasan dalam bidang ekonomi, namun ada pembatasan-pembatasan tertentu di dalam hal aktivitas perekonomian tersebut, imbuhnya.


Rektor UNP Profesor. Ganefri, Ph.D. memberikan apresiasi dan mengucapkan terima kasih atas kesediaan Ustaz Dr. H. Syukri Iska, M.Ag, sebagai penceramah pada kegiatan subuh mubarakah begitu juga kepada Fakultas Ekonomi UNP sebagai penyelenggara.


Pesan-pesan yang disampaikan Ustaz Dr. H. Syukri Iska, M.Ag tersebut, kata Prof. Ganefri, Ph.D. perlu juga dipikirkan konversi koperasi yang ada di UNP menjadi koperasi syariah. (Rel/Unp/RDz)