27 Keltan Terima Bantuan Alsintan Dari Anggota DPR RI Hermanto -->

Iklan Atas

27 Keltan Terima Bantuan Alsintan Dari Anggota DPR RI Hermanto

Kamis, 12 Agustus 2021

 

Anggota DPR RI Hermanto menyerahkan Alsintan kepada Keltan Tanah Datar, di kantor Dinas Pertanian, Kamis (12/8) 


Tanah Datar, fajarsumbar.com - Bupati Tanah Datar yang diwakili Staf Ahli Bidang Ekobang dan Keuangan Nusyirwan, menghadiri pemberian bantuan Alat dan Mesin Pertanian (Alsintan), kepada 27 Kelompok Tani (Keltan) dari Anggota DPR RI Hermanto, yang diserahkan secara simbolis, di halaman kantor Dinas Pertanian Tanah Datar, Kamis (12/8/21). 


Mewakili Bupati, Nusyirwan menyampaikan terimakasih atas perhatian Bapak Hermanto untuk Tanah Datar. Nusyirwan jelaskan mayoritas masyarakat Tanah Datar bergerak di bidang pertanian dan menjadi pemasok pangan di Sumatera Barat, tentunya ke depan hal ini setidaknya bisa dipertahankan dan ditingkatkan. 


"Saat ini lahan pertanian semakin berkurang karena berbagai alasan dan sebab, karenanya dengan lahan yang ada petani diharapkan mampu meningkatkan produktivitas lahan dengan berbagai cara, salah satunya tentunya dengan pemanfaatan yang maksimal dari bantuan Alsintan yang diberikan, baik dari DPR RI, Provinsi, ataupun Pemkab Tanah Datar," ujar Nusyirwan. 


Nusyirwan tambahkan, diharap kepada Dinas Pertanian melalui penyuluh pertanian untuk turut mengawasi pemanfaatan Alsintan yang diberikan. "Tidak semua Keltan yang memperoleh bantuan ini, manfaatkan dan gunakan sebaik-baiknya, jaga dan rawat sehingga bisa dimanfaatkan dalam jangka waktu lama dan bisa meningkatkan ekonomi anggota ataupun masyarakat petani," harapnya. 


Sementara itu Hermanto sampaikan, ditengah kondisi negara saat pandemi ini dimana dari berbagai sektor, sektor pertanian mampu bertahan dan mengalami tren naik. "Kita melihat potensi bidang pertanian ini sangat baik untuk dikembangkan di tengah kondisi saat ini, terutama juga saat pandemi Covid-19. Untuk itu bantuan seperti yang diserahkan hari ini diharapkan mampu untuk membantu masyarakat petani melalui Keltan di Tanah Datar," ujarnya. 


Hermanto juga setuju penyampaian Bupati dan berharap Keltan yang memperoleh bantuan bisa menjaga, merawat dan memanfaat bantuan semaksimal mungkin. 


"Pertama sekali, Alsintan ini akan menambah aset Poktan, kemudian setelah dimanfaatkan baru diharapkan dapat meningkatkan hasil pertanian yang berdampak juga perbaikan ekonomi masyarakat petani, makanya diharapkan bantuan ini bisa dirawat agar panjang masa pemanfaatannya," ujar Hermanto. 


Di kesempatan itu juga, Kadis Pertanian Yulfiardi menyampaikan, ucapan dan ungkapan terima kasih atas bantuan yang diberikan anggota DPR RI ini. "Alsintan yang diberikan tentunya akan sangat membantu dan mempermudah pekerjaan petani, karenanya manfaatkanlah dengan semaksimal mungkin," sampainya. 


Adapun 27 Alsintan yang diberikan terbagi 2 macam, yakni 17 unit Alsintan Pra Tanam dan 10 unit Alsintan Pasca Panen. Alsintan Pra Tanam berupa 1 unit TR-4, 6 unit TR–2, 2 unit Cultivator dan 8 unit pompa air tersebar di Keltan di Kecamatan Rambatan, Lima Kaum, Batipuh, Pariangan, Lintau Buo Utara, Batipuh Selatan, Sungai Tarab, Tanjung Emas dan Lintau Buo.


Sedangkan Alsintan Pasca Panen berupa 2 unit power thresher, 4 unit power thresher multiguna, 3 unit corn sheller dan 1 unit corn sheller mobile, tersebar dari Keltan di Kecamatan Lintau Buo Utara, Salimpaung, Batipuh Selatan, Lintau Buo Utara, Rambatan dan Sungai Tarab. (fdy)