68 Orang Divaksinasi di BRI -->

Iklan Atas

68 Orang Divaksinasi di BRI

Kamis, 19 Agustus 2021

 


Padang Panjang, fajarsumbar.com - Berkolaborasi dengan Bank Rakyat Indonesia (BRI) Cabang Padang Panjang, Dinas Kesehatan (Dinkes) memberikan layanan vaksinasi dosis pertama dan kedua, di halaman kantor bank itu, Rabu (18/8). Sebanyak 68 orang mengikuti kegiatan vaksinasi tersebut.


Kepala Bidang  Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes, Rahmaisa, SKM merincikan, vaksinasi ini dilakukan 15 tenaga kesehatan dari Puskesmas Koto Katik. 


“Untuk dosis pertama, diberikan vaksinasi kepada lima remaja, lima lansia dan 28 orang masyarakat umum. Sedangkan untuk vaksinasi dosis kedua kepada 30 orang dengan rincian satu remaja, dua lansia, satu pelayan publik dan 26 masyarakat umum. 

Jumlah vaksin terpakai sebanyak tujuh vial,” jelasnya.


Rahmaisa menambahkan, bagi masyarakat yang ingin divaksinasi, baik dosis pertama dan kedua,  datang saja ke Puskesmas terdekat. 


"Kita memang belum menyusun jadwal untuk pelaksanaan vaksinasi dosis pertama dan kedua. Karena dalam minggu ini kita akan fokus melaksanakan vaksinasi dosis ketiga bagi nakes" katanya.


Rahmaisa menambahkan, sejauh ini vaksinasi yang dilakukan di Padang Panjang berjalan baik, aman dan lancar. Belum ada keluhan berat dari peserta vaksinasi. 


"Alhamdulillah, di setiap pelaksanaan vaksin kita belum mendapatkan KIPI (kejadian ikutan pasca imunisasi) yang berat. Yang ada hanya KIPI ringan seperti pusing dan mual, namun setelah didalami, ternyata banyak disebabkan lantaran belum makan atau kurang istirahat sebelum divaksin," sebutnya.


Dikatakannya, vaksinasi Covid-19 bertujuan mengurangi transmisi atau penularan, menurunkan angka kesakitan dan kematian serta melindungi masyarakat agar tetap produktif secara sosial dan ekonomi. 


“Karena itu, jangan ragu untuk divaksinasi," ajaknya. (syam)