AS Evakuasi 16 Ribu Sehari hingga Putin Ketar-ketir -->

IKLAN ATAS

AS Evakuasi 16 Ribu Sehari hingga Putin Ketar-ketir

Selasa, 24 Agustus 2021

Presiden Vladimir Puting krifik negara-negara barat soal rencana evakuasi pengungsi dari Afghanistan.

Jakarta -- Sejumlah informasi menarik meramaikan berita internasional Senin (23/8). Kabar-kabar itu antara lain AS Evakuasi 16 ribu orang dari Afghanistan selama sehari, Presiden Rusia Vladimir Putin ketar-ketir soal rencana negara barat mnelakukan evakuasi, hingga ada ada pula soal pengungsi Afghanistan berencana gelar demo di depan UNHCR Jakarta.


Berikut kilas berita internasional yang dirangkum CNNIndonesia.com, Selasa (24/8):


1. AS Evakuasi 16 Ribu Orang dari Afghanistan selama Sehari

Kantor Departemen Pertahanan Amerika Serikat alias Pentagon menyebut sekitar 16 ribu orang dievakuasi selama 24 jam terakhir dari Afghanistan melalui bandara Kabul, Senin(23/8).


AS berkejaran dengan waktu menyelesaikan evakuasi udara hingga batas waktu 31 Agustus mendatang. Dilansir dari AFP, Jenderal Hank Taylor mengatakan sebanyak 61 penerbangan militer, komersial dan charter yang melibatkan sejumlah negara, terbang keluar dari Bandara Internasional Hamid Karzai dalam 24 jam.


Mereka mengangkut orang-orang yang melarikan diri setelah Taliban merebut kekuasaan Afghanistan. Taylor mengatakan dari total yang dievakuasi pada hari itu, 11 ribu orang dibawa keluar melalui operasi pengangkutan udara militer AS.


2. Putin Ketar-ketir Barat Ingin Tampung WN Afghanistan di Asia

Presiden Rusia, Vladimir Putin, mengkritik negara-negara Barat yang berupaya mencari tempat penampungan sementara bagi pengungsi Afghanistan di negara-negara Asia tengah.


Putin khawatir karena saat ini, tak ada pembatasan visa antara Rusia dan sekutu Asia Tengah-nya. Rusia pun waswas akan muncul kelompok milisi yang datang ke Rusia dengan kedok sebagai pengungsi.


"Kami tidak ingin milisi yang menyamar sebagai pengungsi muncul di sini (Rusia) lagi. Kami akan melakukan segalanya, khususnya berhubungan dengan mitra Barat kami, untuk memastikan stabilitas di Afghanistan," ujar Putin, seperti dilansir TASS.


3. Pengungsi Afghanistan Berencana Gelar Demo di Depan UNHCR Jakarta

Pengungsi Afghanistan berencana menggelar demonstrasi di depan kantor Badan Pengungsi PBB (UNHCR) di Jakarta, Selasa (24/8) ini, untuk menuntut kejelasan status penempatan mereka.


"Kami pengungsi Afghanistan berencana menggelar protes besok (hari ini)," ujar salah satu pengungsi Afghanistan, Hakmat, kepada CNNIndonesia.com.


Hakmat mengatakan bahwa ia memperkirakan sekitar 200-500 pengungsi akan ikut serta dalam aksi damai tersebut.


Hakmat mengakui mereka memang belum mengantongi izin dari aparat setempat. Namun, mereka tetap akan menggelar aksi karena para pengungsi tak punya pilihan lain.(*)