BMKG: Potensi Hujan Deras Beberapa Wilayah Hari Ini -->

Iklan Atas

BMKG: Potensi Hujan Deras Beberapa Wilayah Hari Ini

Minggu, 08 Agustus 2021
ilustrasi


Jakarta -Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika atau BMKG keluarkan peringatan dini potensi hujan deras disertai kilat dan angin kencang di beberapa wilayah pada Minggu (8/8/2021).


Beberapa wilayah yang dimaksud antara lain Provinsi Aceh, Bengkulu, Jambi, Lampung, Riau, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Banten, dan Jawa Barat.


Selain itu, potensi serupa juga dihadapi Provinsi Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara, Gorontalo, Maluku, Nusa Tenggara Barat, hingga Papua Barat sebagaimana dikutip pada cnnindonesia.com.


BMKG mencatat sirkulasi siklonik di Samudera Hindia Barat Sumatera yang membentuk daerah pertemuan dan perlambatan kecepatan angin (konvergensi) terpantau di perairan barat Sumatera Barat hingga Bengkulu.


Daerah konvergensi lainnya terpantau memanjang dari pesisir barat Aceh hingga Sumatera Utara, di Bengkulu, dari Kalimantan Tengah bagian utara hingga Kalimantan bagian utara, dari Jawa Tengah bagian barat hingga Banten, dari Papua Barat hingga Maluku Utara, dan memanjang di Papua bagian tengah.


Kondisi tersebut dinilai BMKG mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah sirkulasi siklonik dan di sepanjang daera tersebut.


Selain itu, daerah sirkulasi siklonik lainnya terpantau di Samudra Pasifik timur Filipina. (*)