Dinsos Solok Diserbu Penerima PIP -->

Dinsos Solok Diserbu Penerima PIP

Kamis, 12 Agustus 2021

Inilah para orang tua yang berdatangan untuk pengurusan PIP ke Dinas Sosial, Kabupaten Solok.


Solok, fajarsumbar.com - Program Indonesia Pintar (PIP) merupakan bantuan dari pemerintah secara langsung bagi peserta didik yang terdaftar mulai usia 6 - 21 tahun, beberapa minggu terakhir banyak orang tua murid berdatangan ke Dinas Sosial, Kabupaten Solok.


"Sedikitnya ada 30 KK yang datang ke Dinas Sosial untuk kepengurusan PIP dimaksud." kata Sekretaris Dinas Sosial Kabupaten Solok Teta Midra. S.S.TP di ruangannya, Kamis (12/8/2021).


Di katanya juga Program ini hasil kerja sama Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), Kementerian Sosial Kemensos dan Kementerian Agama atau Kemenag.


Adapun tujuan program PIP pada tahun 2021 adalah untuk membantu siswa membeli perlengkapan sekolah atau kursus, biaya transportasi, uang jajan, biaya uji kompetensi, dan tambahan biaya praktik atau keperluan lainnya.


Adapun bantuan ini dimulai dari jenjang SD, MI atau Paket A, SMP, MTs, Paket B dan SMA, SMK , MA atau Paket C. Penyaluran PIP pada tahun 2021 dilakukan secara bertahap dan teratur, transaksi bantuan dilakukan secara bertahap. 


Uangnya dikirim langsung ke nomor rekening penerima atau siswa. Kriteria penerima bantuan PIP warga kurang mampu, fakir miskin yang memiliki Kartu Keluarga Sejahtera dan peserta Program Keluarga Harapan (PKH). (def)