FLMPI Politeknik ATI Padang Buat Pakan Ikan dari Limbah Berkadar Protein Tinggi -->

IKLAN ATAS

FLMPI Politeknik ATI Padang Buat Pakan Ikan dari Limbah Berkadar Protein Tinggi

Selasa, 31 Agustus 2021
Foto bersama.

Padang, fajarsumbar.com - Forum Lembaga Mahasiswa Perindustrian Indonesia (FLMPI) Politeknik ATI Padang membuat pakan ikan dari limbah pasar berkadar protein tinggi di desa binaan di Jorong Batu Panjang Nagari Koto Laweh Kabupaten Tanah Datar.


Melalui program Desa Binaan FLMPI  Politeknik ATI Padang Tahun 2021 ini, dengan topik, "Pembuatan Pakan Ikan dari Limbah Pasar Berkadar Protein Tinggi "


Ditetapkannya lokasi Desa binaan ini oleh FLMPI, sebelumnya FLMPTI Politeknik ATI Padang telah melakukan studi kelayakan di daerah tersebut.


Dari studi kelayakan FLMPI ini, ternyata banyaknya kolam ikan (tabek) di daerah Jorong Batu Panjang Nagari Koto Laweh Kabupaten Tanah Datar Sumatera Barat, kurang diberdaya gunakan dan dikembangkan, namun hanya sebagai aktifitas sampingan saja dan bukan sebagai sumber pencarian utama masyarakat setempat.  


Disisi lain Nagari ini, juga memiliki potensi kolam ikan yang sangat bagus dengan sumber air yang berasal dari Gunung Singgalang. Salah satu alasannya dari masyarakat pemilik kolam ikan ini, adalah mahalnya harga pakan ikan yang dipasarkan saat ini.


Peresmian Program Desa Binaan ini, dengan topik, "Pembuatan Pakan Ikan dari Limbah Pasar Berkadar Protein Tinggi " dibuka oleh Direktur (Pudir) III Politeknik ATI Padang 

Dr. Lisa Nesti, M.Si, dalam suatu acara di Jorong Batu Panjang Nagari Koto Laweh Kabupaten Tanah Datar dan dihadiri oleh Wali Jorong dan Wali Nagari setempat, Sabtu, (28/08/2021).


Menurut Pudir III Politeknik ATI Padang  Dr. Lisa Nesti, M.Si, kegiatan Desa binaan ini akan dilakukan secara kontinu dan berkala selama 5 tahun kedepan oleh mahasiswa dari FLMPI bersama dosen pembimbing, dengan memberikan pelatihan pembuatan pakan ikan, pendampingan pemasaran sampai masyarakat di Desa Binaan FLMPI ini bisa mandiri dalam melakukan budidaya ikan.


Pada acara tersebut, disambut antusias oleh warga setempat yang sangat mengharapkan adanya peningkatan perekonomian keluarganya ke depan sehingga menjadi lebih baiik. (RDz)