Gabung PSG, Messi Bisa Ubah Aturan Liga Prancis -->

Gabung PSG, Messi Bisa Ubah Aturan Liga Prancis

Selasa, 10 Agustus 2021

Lionel Messi pernah mengenakan kostum bernomor punggung 30 saat masih di Barcelona.

Jakarta  -- Rumor santer Lionel Messi merapat ke Paris Saint-Germain turut berbuntut isu perubahan aturan di kompetisi kasta tertinggi Liga Prancis.


Beragam kabar jelang Messi bergabung ke PSG muncul, termasuk mengenai nomor punggung yang akan dipakai kapten timnas Argentina itu ketika memperkuat Le Parisiens.


Selama ini Messi lekat dengan nomor 10, baik di Tim Tango atau di Barcelona. Namun di PSG, nomor punggung tersebut sudah menjadi milik Neymar dan Messi disebut tidak akan merebut angka keramat itu dari punggung bintang Brasil tersebut.


Alih-alih mengenakan jersey dengan nomor 10, Messi memilih nomor punggung lain. Nomor 19 dan nomor 30 disebut jadi opsi Messi. Dua nomor tersebut pernah mengawali karier Messi sebelum mengenakan nomor 10 di Barcelona, sebagaimana dikutip cnnindonesia.


Marca menyebut ada peluang Messi kembali mengenakan kostum dengan nomor 30 seperti ketika mencetak gol pertama untuk Barcelona pada 2005. 


Selama ini nomor punggung 30 haram dipakai field player di Ligue 1. Dalam aturan tertulis, disebutkan nomor 30 di kompetisi sepak bola Liga Prancis hanya bisa digunakan penjaga gawang.


Namun keberadaan megabintang seperti Messi di Ligue 1 bisa saja mengubah aturan soal nomor yang selama ini diberlakukan.


"Nomor 1, 16, dan 30 secara eksklusif harus disediakan untuk penjaga gawang," tulis aturan Ligue de Football Professionnel (LFP) yang merupakan operator kompetisi sepak bola Prancis.


Sebelumnya terdapat beberapa pemain terbentur aturan nomor di Ligue 1 yang cukup kaku, antara lain adalah Gianluigi Donnarumma yang tak bisa mengenakan nomor 99 dan Mario Balotelli yang tidak diperkenankan memakai nomor 45.


Hingga saat ini belum ada pengumuman resmi mengenai kerja sama Messi dan PSG, namun hal tersebut diyakini bakal terjadi dalam waktu dekat. (*)