Hujan Abu Tipis Melanda Empat Desa di Kabupaten Boyolali -->

Iklan Atas

Hujan Abu Tipis Melanda Empat Desa di Kabupaten Boyolali

Minggu, 08 Agustus 2021

Ilustrasi hujan abu.

Jakarta - Gunung Merapi yang terletak di perbatasan Provinsi Jawa Tengah dan Yogyakarta mengalami erupsi yang berdampak terjadi hujan abu tipis di empat desa di Kabupaten Boyolali, Jateng, pada Minggu (8/8).


Menurut Kepala Desa Jrakah Kecamatan Selo Boyolali, Tumar, hujan abu tipis di Desa Jrakah, Kecamatan Selo, masih berlangsung hingga pukul 11.00 WIB tetapi tidak mempengaruhi aktivitas warga dan kondisi masih aman terkendali.


Dijelaskan Tumar, ada empat desa lain di kawasan lereng Gunung Merapi di wilayah Selo Boyolali yang terkena hujan abu tipis, yakni; Tlogolele; Klakah; Lencoh; dan Jrakah, sebagaimana dikutip cnnindonesia.


Menurut dia, hujan abu tipis mengguyur tanaman sayuran, tembakau, jalan, dan genteng rumah, sejak Minggu sekitar pukul 05.30 WIB hingga siang, terlihat warna berubah menjadi putih tipis.


Hal senada, dikatakan Kepala Desa Klakah Marwoto, hujan tipis juga terjadi di Desa Klakah atau yang terletak di sebelah barat puncak Gunung Merapi.


"Warga tetap tenang, aktivitas ke ladang seperti biasa. Karena, terjadi hujan abu hanya tipis tidak mempengaruhi aktivitas warga," kata Marwoto.


Sementara itu, Sekretaris Desa Tlogolele, Kecamatan Selo Boyolali, Neigen Achtah, menjelaskan hujan abu yang melanda Desa Tlogolele atau terletak di sebelah barat Merapi, terjadi sejak sekitar pukul 05.30 WIB.


Hujan abu vulkanik dari Gunung Merapi itu terjadi di semua wilayah Desa Tlogolele.


Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) sebelumnya mengatakan bahwa awan panas guguran yang meluncur dari Gunung Merapi pada Minggu pagi memicu hujan abu tipis di sejumlah wilayah lereng gunung itu.


"Terjadi hujan abu intensitas tipis di beberapa lokasi setelah kejadian awan panas ini," kata Kepala BPPTKG Hanik Humaida melalui keterangan resminya di Yogyakarta.


Hanik Humaida menyebutkan, berdasarkan pendataan sementara, hujan abu tipis antara lain terpantau mengguyur wilayah Tlogolele serta Klakah Ngisor di Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah serta Kapuhan, Paten, Ngowok, dan Babadan di Kabupaten Magelang, Jateng.(*)