Kebakaran Hebat di Tanjung Pati, Pemko Payakumbuh Kirim 3 Armada -->

Kebakaran Hebat di Tanjung Pati, Pemko Payakumbuh Kirim 3 Armada

Senin, 02 Agustus 2021
Gambar diambil Ayah icha pukul 20.01 malam 

Tanjung Pati, fajarsumbar.com --- Kebakaran hebat menimpa warga Tanjung Pati, Senin (02/08/2021). Informasi yang didapat media di lokasi bahwa kebakaran yang terjadi sekitar pukul 20.00 WIB memamah 7 petak rumah milik keluarga besar Eva (penjual buah). Tergabung didalamnya beberapa kontrakan yang dilalap sijago merah. 


Tampak kerumunan warga ikut melibatkan diri memadamkan api dengan peralatan seadanya, hingga satdamkar hadir di lokasi kebakaran. 


Satuan polisi dari Polres Lima Puluh Kota tampak mengamankan di lokasi kebakaran, termasuk pengaturan lalu lintas yang macet di lokasi. Hampir satu jam, tak satupun mobil diizinkan agar pemadaman berjalan lancar. Tampak pengaturan lalu lintas dipimpin langsung Kapolres Lima Puluh Kota, Trisno Eko Santoso diwakili Waka Polres, Kompol Russirwan. 


Karena tkp kebakaran berada di jalan lintas Sumatera, sekaligus diperempatan jalan Tanjung Pati. Tampak kemacetan panjang terjadi. Informasi warga, dari arah Pekanbaru, kemacetan sampai kawasan Lubuak Bangku. Sementara dari Payakumbuh, kemacetan sampai Kaniang Bukik. Dari Lubuak Batingkok, kemacetan sampai kawasan sawah Bandang. Dan dari Taram, kemacetan sampai kawasan Batu Balang. 


Pemadaman kebakaran di Simpang Empat Tanjung Pati, Nagari Koto Tuo, Kecamatan Harau, Kabupaten Limapuluh Kota, Senin malam, Pemko Payakumbuh melalui Satdamkar mengirim 3 armada dan 1 mobil penghisap air. Bantuan pemadaman dipimpin langsung oleh Kasi Ops Eci dan Kasi Sapras Doni Bahtiar dan danru.


Kabid Damkar Kota Payakumbuh Budi Kurniawan saat dihubungi media via whatsapp mengatakan dari data yang diperoleh dari Wifrianto selaku Kabid Pemadaman Dan Penyelamatan Damkar Kabupaten Limapuluh Kota, musibah itu menghanguskan warung santan, bengkel, kafe ngopi, warung gorengan, rumah, rumah tempat tinggal dan loundri, warung ayam geprek, toko buah-buahan, rumah hunian 3 unit, usaha jahitan, dan sarana ibadah.


"Total kerugian materil ditaksir mencapai lebih dari 2 miliar rupiah, sementara itu tidak ada korban jiwa dari peristiwa ini. Pemadaman dilakukan dengan 6 unit armada dari pemadam Limapuluh Kota dan 3 unit bantuan armada Kota Payakumbuh dalam waktu kurang lebih 2 jam," kata Budi.


Budi juga menjelaskan sempat armada Damkar Kabupaten Tanah Datar juga telah berada di Kota Payakumbuh, namun karena situasi sudah hijau atau api sudah berhasil dipadamkan. Pada pukul 21.30 WIB Damkar Kota Bukittinggi juga mengonfirmasi siap memberi bantuan, tapi situasi sudah hijau saat itu.


"Saat ini sumber api dan penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan dan olah TKP oleh pihak berwenang, di lokasi kejadian kebakaran, material bangunan banyak terbuat dari kayu," kata Budi. 


Warga bisa meminta bantuan damkar untuk penyelamatan jiwa, atau evakuasi hewan berbisa dan berbahaya seperti tawon, biawak, ular, dan hewan lainnya dengan menghubungi quick response Pemadam Kebakaran di nomor 0752-92913. (Ul)