Kebakaran Hutan di Rusia Buat Repot Kemah Musim Panas -->

Kebakaran Hutan di Rusia Buat Repot Kemah Musim Panas

Senin, 16 Agustus 2021

Ilustrasi

Jakarta  -- Ratusan orang yang sedang melakukan kemah musim panas di Bashkortostan, Rusia terpaksa dievakuasi akibat kebakaran hutan dan lahan.


Menurut laporan Associated Press, ada sebanyak 750 anak-anak dan 87 petugas penjaga bumi perkemahan yang dievakuasi dari wilayah di selatan Pegunungan Ural itu akibat karhutla.


Api karhutla dilaporkan hanya berjarak satu kilometer dari bumi perkemahan dan bisa membuat pengunjung terjebak jika tidak segera diselamatkan, sebagaimana dikutip cnnindonesia.


Sampai saat ini petugas pemadam kebakaran Rusia masih berjibaku memadamkan karhutla.


Bashkortostan adalah satu dari lima wilayah di Rusia yang terdampak kebakaran hutan dan lahan. Menurut Badan Perlindungan Hutan Rusia, Avialesookhrana, ada tujuh titik api di Bashkortostan yang menghanguskan 1.293 hektare lahan.


Republik Sakha di timur laut Siberia menjadi wilayah yang paling parah terdampak karhutla.


Rusia dalam beberapa tahun terakhir mencatat rekor suhu tertinggi yang diyakini adalah dampak perubahan iklim. Cuaca terik dan sikap penduduk setempat yang abai terhadap bahaya kebakaran hutan memicu meluasnya kebakaran hutan di Rusia yang pada tahun ini sudah menghanguskan 15 juta hektare lahan.(*)