Ketua PC INTI Labuhanbatu Lakukan Aksi Spontanitas Kepada Masyarakat Korban Banjir -->

Ketua PC INTI Labuhanbatu Lakukan Aksi Spontanitas Kepada Masyarakat Korban Banjir

Rabu, 18 Agustus 2021


Labuhanbatu, fajarsumbar.com - Ketua Pengurus Cabang Indonesia Tionghoa (INTI) Labuhanbatu, DR. HC. Sujian/Acan didampingi Ketua Harian Yayasan Sosial Budi Agung Rantauprapat, Ir. Johny, SE DipCIM serta Tokoh Masyarakat Tionghoa Aguan melakukan aksi spontanitas dengan memberikan bantuan kepada masyarakat yang terdampak banjir di Lingkungan Balai Desa, Kelurahan Padang Bulan, Kecamatan Rantau Utara, Selasa (17/8/2021).


Kegiatan spontanitas ini dilakukan bersamaan dengan silaturahmi dan pemberian sembako dari Dandim 0209/LB Letkol Inf Asrul Kurniawan Harahap, SE M.Tr (Han).


Sebelumnya, beberapa wilayah di Rantauprapat terendam banjir akibat curah hujan cukup deras yang mengguyur beberapa wilayah di Labuhanbatu mulai Minggu malam hingga Senin pagi membuat beberapa sungai tidak mampu menampung debit air yang tinggi, sehingga meluap dan menggenangi permukiman warga.


Ketua Pengurus Cabang Ketua INTI Labuhanbatu, DR. HC. Sujian/Acan mengatakan bahwa musibah yang terjadi ini juga duka baginya.


"Ini bukan musibah warga disini, tapi kami juga merasakan, karena kita tahu bahwa disaat inilah kita bisa berbuat sesuai moto pak Dandim bersama kita bisa berbuat yang terbaik. Kami hadir disini ikhlas untuk membatu dan kami sisihkan rezki kami untuk  membatu bapak ibu disini. Nanti apa yang kami berikan jangan dilihat besar atau kecilnya, tapi kami ihlas, tulus Ingin berbagi," sebutnya.


Dr HC Sujian juga mendoakan musibah seperti ini untuk yang terakhir kalinya terjadi.


"Kami mohon kepada masyarakat disini supaya bersabar, mari kita ambil hikmahnya, dan kami berdoa inilah yang terakhir terjadi disini," jelasnya.


Sementara Camat Rantau Utara H Turing Ritonga, SE MM mengungkapkan sebanyak 161 warga di wilayah tersebut yang rumahnya terendam banjir.


"Banjirnya sekitar 1 meter lebih, korban jiwa tidak ada, namun beberapa peralatan rumah tangga serta sepeda motor ada yang terendam. Kepada masyarakat kami mengimbau untuk berbenah diri untuk kebersihan lingkungan masing-masing, terutama untuk drainase yang ada di lingkungan ini," pungkasnya.


Dalam kesempatan ini, Ketua PC INTI Labuhanbatu bersama Dandim 0209/LB menyerahkan bantuan sembako ke beberapa rumah masyarakat serta meninjau dapur umum di lingkungan tersebut. (Randi)