Kinerja Kepala Sekolah Dinilai, Mutasi dan Rotasi Jangan Anggap Hukuman -->

Kinerja Kepala Sekolah Dinilai, Mutasi dan Rotasi Jangan Anggap Hukuman

Senin, 09 Agustus 2021

.

Katapiang, fajarsumbar.com - Peningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang cerdas dan terampil serta berdaya saing melalui peningkatan kualitas dan mutu pendidikan diiringi menggerakan sektor non formal. Untuk mencapai misi demikian, maka diperlukan Sekolah yang berkualitas dan berdaya saing nantinya.


Hal itu ditegaskan Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur ketika membuka kegiatan Penilaian Kerja Kepala SMP se-Kabupaten Padang Pariaman di SMPN 2 Batang Anai, Katapiang, Senin (09/08/21).


Dijelaskannya, Kepala Sekolah memang dituntut profesional dan inovatif dalam menjalankan tugas yang telah diamanahkan. Yakni manajerial, pengembangan kewirausahaan, supervisi guru dan tenaga pendidik. Makanya Kepala Sekolah wajib dan harus menguasai serta melaksanakannya.


Ia berharap dengan adanya penilaian ini kepada Kepala Sekolah, agar dapat mengetahui dan mengukur kemampuan sendiri. Sehingga tidak ada lagi kekhawatiran bagi Kepala Sekolah.


"Bila terjadi rotasi dan mutasi, jangan dianggap sebagai hukuman atau kepentingan nantinya. Tetapi bertujuan meningkatkan mutu pendidikan secara merata di Kabupaten Padang Pariaman setiap tahunnya" tegas Bupati Suhatri Bur.


Sementara itu, Plt. Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Drs.H.Anwar, M.Si yang dihubungi fajarsumbar.com mengatakan kegiatan Penilaian Kinerja Kepala Sekolah merupakan salah satu upaya mendorong untuk meningkatkan mutu Sekolah.


"Secara bertahap kita lakukan penilaian kinerja di SMP dan berlanjut ke SD nantinya sebagaimana termaktub dalam peraturan dan perundangan yang berlaku. Melalui penilaian Kepala Sekolah, tenaga pendidikan dan tenaga kependidikan itu, maka akan dapat diperoleh "pemetaan" kemampuan SDM di sektor pendidikan yang kita miliki" sebut dia.


Kemudian, sebut mantan Kepala BKPSDM itu, maka dilakukan langkah-langkah berikutnya untuk dikerjakan sebagaimana arahan dari Kepala Daerah demi mencapai keunggulan pendidikan.


Ia mengakui di bidang pendidikan ini sangat penting dan begitu komplex permasalahan untuk ditangani secara bersama-sama demi memajukan pendidikan di Daerah.


"Untuk itu, kita menghimbau kesemua Kepala Sekolah dan tenaga pendidikan serta tenaga kependidikan agar bekerja sesuai Tupoksi masing-masing demi memajukan Sekolah" tegas dia berpesan. (r-saco)