Masuk 100 Besar Nasional di Ajang ADWI, Bupati Agam Kedepan Semoga Selalu Menjadi Yang terbaik Secara Nasional -->

IKLAN ATAS

Masuk 100 Besar Nasional di Ajang ADWI, Bupati Agam Kedepan Semoga Selalu Menjadi Yang terbaik Secara Nasional

Senin, 23 Agustus 2021

Bupati Agam Dr. H. Andri Warman dan Kadis Pariwisata Pemuda dan Olahraga Agam, Syatria
ketika berkunjung kesalah satu desa wisata di Kabupaten Agam

Agam, fajarsumbar. com
- Dua Nagari di Kabupaten Agam tembus 100 besar pada ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) tahun 2021. Nagari Lawang di Kecamatan Matur dan Nagari Sungai Batang di Kecamatan Tanjung Raya Kabupaten Agam,Sumatra Barat bersama bersama 100 desa yang lain berhasil menyisihkan 1.731  Desa Wisata dari seluruh Indonesia.

Dengan keberhasilan dua nagari  masuk 100  besar nasional pada ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) , Bupati Agam Dr. H. Andri Warman MM berikan apresiasi atas prestasi dua nagari yang telah  membagakan masyarakat daerah itu. 

“Alhamdulillah, ini sebuah keberhasilan yang membanggakan. Artinya kedepan Kabupaten Agam akan lebih dikenal lagi khususnya desa wisata di Lawang dan Sungai Batang semakin dikenal hingga tingkat nasional. Ini bisa menjadi pelecut  kita untuk lebih meningkatkan dan memajukan sektor pariwisata di Agam,” ujar Bupati Agam yang akrab disapa AWR saat mengunjungi Desa Wisata di Nagari Lawang, Minggu (22/8) siang.

Bupati juga berharap masyarakat dapat terus memanfaatkan potensi yang ada di desanya, agar bermanfaat dan bernilai ekonomi untuk kemajuan daerah. Sehingga kehadiran Desa Wisata dapat menjadi penggerak ekonomi masyarakat.

“Harapan kita, setelah ini Lawang dan Sungai Batang terus masuk nominasi terbaik di tingkat nasional,” harap bupati.

Sementara itu, Kadis Pariwisata Pemuda dan Olahraga Agam, Syatria, saat dimintai keterangan, mengatakan ADWI tahun 2021 merupakan ajang pemberian penghargaan kepada desa-desa (nagari) wisata yang memiliki prestasi dengan kriteria-kriteria penilaian dari Kemenparekraf.

Kemenparekraf akan menjadikan data serta informasi yang ada di laman jadesta.com sebagai wadah dan arah dalam penyusunan rencana serta pengembangan seluruh desa wisata yang ada di Indonesia.

Event yang diikuti 1.831 Desa Wisata dari seluruh Indonesia ini, bertujuan menjadikan Desa Wisata Indonesia sebagai destinasi pariwisata bertaraf dunia dan berdaya saing tinggi.

Ia menjelaskan, Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021 memiliki tujuh kategori penilaian yaitu penerapan CHSE (Cleanliness, Health, Safety, and Environmental Sustainability), Desa Digital, souvenir (kuliner, fesyen, kriya), daya tarik wisata (alam, budaya, buatan), konten kreatif, homestay dan toilet.(Yanto)