Pemko Padang Siapkan Bantuan Makanan Warga Terdampak Banjir -->

IKLAN ATAS

Pemko Padang Siapkan Bantuan Makanan Warga Terdampak Banjir

Jumat, 20 Agustus 2021
Walikota Padang Hendri Septa dan rombongan meninjau dapur umum untuk persiapan makanan buat korban banjir.

Padang - Seiring terjadinya musibah banjir yang terjadi Rabu (18/8/2021), Walikota Padang Hendri Septa langsung menginstrusikan pihaknya melakukan kesiapsiagaan guna menyikapi bencana yang bisa saja terjadi selanjutnya tersebut.


Termasuk salah satunya menyiapkan dapur umum guna menyiapkan bekal makanan bagi warga Kota Padang yang terdampak banjir.


"Tadi malam telah terjadi guyuran hujan yang sangat lebat sehingga menyebabkan beberapa lokasi di Kota Padang terkena banjir. Yanh paling terdampak atas banjir kemarin adalah Kecamatan Kota Tangah di samping 10 kecamatan lainnya di Kota Padang," sebut wako sewaktu mengunjungi Dapur Umum Dinas Sosial Kota Padang, Jumat (20/8/2021).

Di satu kecamatan tersebut beber Wako Padang itu, terdapat 17 titik lokasi rawan genangan air dengan yang paling parahnya di kawasan Perumahan Griya Anak Air Kilometer 23 By Pass, Kelurahan Air Pacah.

"Saya bersama tim dan juga Basarnas kemarin meninjau langsung lokasi tersebut. Karena genangan airnya cukup tinggi kita mengevakuasi warga di sana dengan menggunakan perahu karet menuju masjid dan musala terdekat," sebutnya.

"Alhamdulillah kita juga memberikan bantuan berupa makanan dan minuman yang juga didukung oleh beberapa pihak seperti ACT Sumbar dan lainnya. Hari ini kita juga mendapat bantuan sebanyak 51 pcs makanan siap saji dari Balai Besar Diklat Kesejahteraan Sosial Regional 1 Sumatera Kemensos RI," sambungnya.

Lebih lanjut orang nomor satu di Kota Padang itu mengapresiasi keberadaan dapur umum yang dibuat Dinas Sosial Kota Padang dengan didukung personil Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kota Padang dan pihak terkait lainnya.

"Alhamdulillah hari ini akan disebarkan bantuan makanan sebanyak lebih dari 500 nasi bungkus kepada warga Padang yang terdampak akibat musibah banjir kemarin. Selain itu juga ada bantuan makanan siap saji dari Balai Besar Diklat Kesejahteraan Sosial Regional 1 Sumatera Kemensos RI yang akan kita serahkan," ungkap wako.

Terakhir wali kota muda itu juga meminta warga Padang untuk selalu mewaspadai segala sesuatu bencana yang akan dan bisa saja terjadi.

"Salah satunya musibah banjir ini, kita mohon penyebab terjadinya dapat kita tangkal sedini mungkin," pungkasnya.

Dalam kesempatan itu di Dapur Umum Dinas Sosial Kota Padang tersebut, Wali Kota Padang didampingi Asisten Perekonomian dan Pembangunan Endrizal beserta Kadis Sosial Afriadi dan Kabag Prokopim Amrizal Rengganis.

Juga hadir saat itu Kepala Balai Besar Diklat Kesejahteraan Sosial Regional 1 Sumatera Kemensos RI Sunarti dan Kasi Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam Dinas Sosial Provinsi Sumbar Iskandar.(ab)