Pendaki Hipotermia di Gunung Bawakaraeng Diduga Tak Perhatikan Keselamatan -->

IKLAN ATAS

Pendaki Hipotermia di Gunung Bawakaraeng Diduga Tak Perhatikan Keselamatan

Kamis, 19 Agustus 2021

Tim SAR mengevakuasi pendaki Gunung Bawakaraeng yang tewas usai mengalami hipotermia. (ist)

Gowa - 3 Pendaki di Gunung Bawakaraeng, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan (Sulsel) mengalami hipotermia dan meninggal. Para pendaki itu diduga menghadapi cuaca buruk dan kurang persiapan keselamatan saat mendaki.


"Iya bisa jadi (tidak safety), karena kita temukan korban terakhir, bajunya dia lepas kita tidak tahu apakah dia pakai raincoat atau tidak," kata Komandan Tim SAR Makassar, Aswandi saat dikonfirmasi, Kamis (19/8/2021).


Pada pendakian kemarin, Aswandi menyebut mayoritas pendaki masih berusia muda bahkan ditemukan pendaki masih bersekolah tingkat menengah atas (SMA) dan pertama (SMP). Tidak hanya itu, peralatan pendakian pun disebut masih seadanya saat naik ke Gunung Bawakaraeng, sebagaimana dikutip detik.com.


Selain itu, banyak pendaki yang masih membawa perlengkapan dalam bentuk kelompok, dan tidak mempersiapkan perbekalan khusus pribadi. Sehingga saat terjadi cuaca buruk kemarin, banyak pendaki yang terpencar dan perbekalan terbawa oleh salah seorang anggota kelompok mereka sendiri.


"Kalau kita lihat yang jadi korban baik yang hipotermia dan yang ankle karena tidak pakai sepatu. Terkait masalah safety memang karena mereka terbilang anak-anak mendaki jadi pengetahuan masih minim," ucapnya.


"Dia tidak prepare pribadi. Mereka prepare kelompok ini asumsi kita. Beberapa yang tidak bawa makanan karena asumsi ada temannya yang bawa," tambah dia.


Pihaknya juga telah mengeluarkan imbauan kepada para pendaki untuk tidak naik ke atas Gunung Bawakaraeng hingga waktu belum ditentukan, lantaran cuaca ekstrim yang masih terus berlangsung di puncak gunung. Aswandi juga berasumsi banyaknya pendaki yang naik ke atas gunung jelang hari kemerdekaan RI kemarin, lantaran mereka naik lewat jalur tikus atas memanfaatkan kelengahan penjaga.(*)