Pengguna Jalan Berhenti Ikuti Detik-Detik Proklamasi -->

Pengguna Jalan Berhenti Ikuti Detik-Detik Proklamasi

Selasa, 17 Agustus 2021

Peringatan detik-detik proklamasi HUT Kemerdekaan RI ke-76 di pertigaan simpang PDAM Padang Panjang.

Padang Panjang, fajarsumbar.com Tepat  pukul 10.17 WIB, Selasa, (17/8), sirine berbunyi sahut-menyahut di pertigaan lampu merah PDAM Padang Panjang. Semua kendaraan berhenti, begitu juga para pejalan kaki. Mereka mengangkat tangan ke dahi. Sikap hormat, sembari turut menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya. 


Begitulah gambaran peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia di jalan utama kota berjuluk Serambi Mekah ini. 


Warga yang kebetulan ada di lokasi ini, bersama petugas kepolisian, Dishub, Pol PP Damkar, Kominfo dan lainnya, mengarahkan pandangan ke layar videotron yang berada di depan gedung PDAM itu. 


Lagu Indonesia Raya tengah berkumandang dan bendera Merah Putih tengah berkibar-kibar di layar lebar itu.


Para pengendara yang berhenti di pertigaan lampu merah itu  secara bersama-sama memanjatkan doa, sikap hormat menghadap kibaran bendera virtual pada layar videotron saat lagu kebangsaan dikumandangkan melalui pengeras suara.


Wajah-wajah pengendara, pejalan kaki, petugas, terdiam khidmat, menambah haru suasana hari Kemerdekaan RI ke-76 di Padang Panjang meski di tengah pandemi virus Corona. Ini adalah tahun kedua, peringatan detik-detik proklamasi dilaksanakan di pertigaan PDAM. 


Mereka tampak larut, mengekspresikan jiwa raga yang cinta Indonesia. Seperti halnya Iqbal (32), pengendara motor yang hendak pergi ke Kelurahan Ganting, Kecamatan Padang Panjang Timur. 


"Saya sangat terkesan dengan kegiatan ini. Membangkitkan jiwa patriotis dan cinta tanah air. Semoga kemerdekaan Indonesia menjadi momen bangkit dan terbebas dari Covid-19," harapnya.


Sementara itu, Kepala Dinas Kominfo, Drs. H. Ampera Salim, SH, M.Si mengatakan, kegiatan di simpang PDAM itu dilaksanakan guna melibatkan suluruh lapisan masyarakat memperingati Hari Kemerdekaan RI. 


"Kita berharap dengan kegiatan ini, akan selalu membuat kita teringat akan jasa-jasa pahlawan, memupuk rasa persatuan dan kecintaan untuk Indonesia," ujarnya.


Selain Ampera, turut bergabung warga di sekitar lokasi ini, Kadishub, I Putu Venda, SSTP, M.Si, Kasatpol PP, Drs. Alber Dwitra, MM, Kasatlantas, AKP Dedi Antonius, SH dan sejumlah aparatur lainnya.


Di halaman balaikota 

Dengan menerapkan prokes ketat, upacara pengibaran bendera berlangsung khidmat di  halaman balaikota Padang Panjang.

Meski hanya diikuti beberapa perwakilan ASN, TNI dan Polri, upacara HUT RI ke-76  di  tempat ini tetap berjalan khidmat. 


Wali kota, Fadly Amran bertindak sebagai inspektur upacara mengikuti pengibaran bendera Merah Putih oleh 65 anggota Paskibraka yang penuh semangat.


Turut hadir Wakil Walikota, Drs. Asrul, Ketua DPRD Mardiansyah, A.Md, Forkopimda, Sekretaris Daerah Kota, Sonny Budaya Putra, A.P, M.Si, kepala OPD, perwakilan veteran, kepala Cabang Bank Nagari, serta undangan lainnya.


Setelah upacara Wako Fadly  menyerahkan bantuan sembako untuk para veteran. Serta menyerahkan remisi secara simbolis dan menerima bantuan CSR Pendidikan dari Bank Nagari Padang Panjang. (syam)