Peringatan HUT RI Akan Digelar Sederhana -->

Peringatan HUT RI Akan Digelar Sederhana

Kamis, 05 Agustus 2021

Sonny Budaya Putra


Padang Panjang - Peringatan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) ke-76 di masa pandemi Covid-19 di Kota Padang Panjang akan diperingati secara sederhana dan khidmad.


Ini sesuai dengan instruksi Menteri Sekretaris Negara, di mana setiap pelaksanaannya mengutamakan protokol kesehatan dan dilaksanakan sederhana.


Sekdako Padang Panjang, Sonny Budaya Putra dalam rapat persiapan HUT RI ke-76 di  balaikota, Kamis (5/8) yang diikuti asisten admnistrasi umum, Forkopimda dan seluruh kepala OPD terkait mengatakan, rangkaian pelaksanaan HUT RI akan dimulai pada Kamis (12/8) dengan kegiatan upacara penganugerahan tanda kehormatan RI pukul 09.30 WIB. Dilanjutkan dengan upacara pengukuhan pasukan lengibar bendera pusaka (Paskibraka) pukul 13.30 WIB.


Senin, 16 Agustus pukul 09.00 WIB mendengarkan siaran langsung pidato Presiden pada Sidang Tahunan MPR RI dan sidang bersama DPR RI dan DPD RI Tahun 2021. Dilanjutkan pukul 10.55 WIB mendengarkan pidato Presiden RI dalam rangka Penyampaian RUU APBN Tahun Anggaran 2022 dan Nota Keuangan beserta Dokumen Pendukungnya pada rapat paripurna Pembukaan Masa persidangan I DPR RI tahun sidang 2021-2022.


Untuk upacara apel kehormatan dan renungan suci akan dilaksanakan pada Senin  menjelang pukul 24.00 WIB Selasa dinihari, yang akan digelar di Taman Makam Pahlawan di Kebun Sikolos.


Untuk acara puncak peringatan upacara HUT RI, Sonny mengatakan akan dilaksanakan di halaman balaikota, setelah itu dilanjutkan dengan upacara virtual bersama pemerintah pusat.


"Kita mulai upacara pada pukul 08.00 WIB, setelah selesai nanti pada pukul 10.00 WIB langsung mengikuti secara virtual upacara peringatan detik-detik proklamasi kemerdekaan RI di Istana Merdeka," katanya.


Sedangkan untuk upacara penurunan bendera merah putih akan dilaksanakan secara langsung dan virtual secara bersamaan pukul 17.00 WIB.


"Upacara akan kita laksanakan di halaman balaikota, dan upacara secara virtual akan dilaksanakan di hall balaikota pada jam yang sama," katanya.


Sekda  masyarakat untuk menghentikan aktivitasnya sejenak dan berdiri tegap saat pengumandangan lagu kebangsaan Indonesia Raya. 


"Tepat pukul 10.17 s.d 10.20 WIB selama tiga menit segenap masyarakat diimbau untuk menghentikan aktivitasnya dan berdiri tegap sampai lagu Indonesia Raya selesai dinyanyikan," imbaunya. (syam)