PN Kota Payakumbuh Berbagi Sembako dengan Panti Asuhan -->

IKLAN ATAS

PN Kota Payakumbuh Berbagi Sembako dengan Panti Asuhan

Kamis, 19 Agustus 2021
.


Payakumbuh, fajarsumbar.com --- Menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Mahkamah Agung Ke 76 yang jatuh pada tanggal 19 Agustus 2021, Pengadilan Negeri Kota Payakumbuh melaksanakan Bakti Sosial di Panti asuhan Bustanul Ulum di Situjuah Banda Dalam, Situjuah Limo Nagari, Kabupaten Lima Puluh Kota, Kamis (19/8).


"Pada tahun lalu, Pengadilan Negeri Kota Payakumbuh melaksanakan bagi-bagi masker di depan kantor pengadilan, namun tahun ini kami ingin melakukan hal yang lebih berbeda, yakni menyantuni anak-anak di panti asuhan," kata Ketua Pengadilan Negeri Kota Payakumbuh Kurniawan Widjonarko didampingi Wakil Ketua Ahmad Zulpikar dan jajarannya.


Dalam rangkaian acara menyambut HUT MA ke 76 dengan tema "memantapkan kemandirian lembaga peradilan melalui pelayanan hukum berbasis teknologi informasi di masa pandemi" itu, juga dilaksanakan upacara virtual bersama Ketua Mahkamah Agung dan diikuti Pengadilan Negeri se Indonesia. Ada juga pemutaran film dan penyerahan penghargaan kepada lembaga peradilan yang berprestasi.


Di kantor pengadilan juga sudah dilaksanakan syukuran pemotongan nasi tumpeng dan diserahkan oleh ketua pengadilan kepada pegawai yang paling tua dan pegawai yang paling muda sebagai simbol bahwa tongkat estafet keberlangsungan pengadilan negeri melaksanakan kewajibannya melayani masyarakat terus berlangsung, terutama masyarakat kota payakumbuh. 


"Pengadilan sebagai perpanjangan tangan Mahkamah Agung di tingkat kota dan kabupaten. Kami juga ingin mewujudkan Pengadilan Negeri Kota Payakumbuh menuju Wilayah Bebas Korupsi," ungkapnya.


Menurut Kurniawan, kegiatan berbagi bersama anak panti asuhan ini merupakan salahsatu kegiatan alternatif karena status Covid-19 yang saat ini meningkat, sebisa mungkin melaksanakan acara yang tidak banyak kerumunannya dan yang pasti sedekahnya tepat guna.


"Kita juga bawa kue tart untuk anak-anak, semoga kebahagiaan yang kita bagi dengan anak-anak panti asuhan ini bisa mereka nikmati. Bisa saja anak-anak ini ada yang memiliki cita-cita menjadi hakim suatu saat nanti di masa depan," ungkapnya.


Tak lupa, Ketua Pengadilan bersama Wakilnya juga mengampanyekan protokol kesehatan kepada anak-anak panti asuhan sekaligus membagikan masker kepada mereka.


"Kami berharap silaturahmi pertama ini menjaid dan berharap silaturahmi terus berlanjut kedepan. Taman ilmu ini bisa menjadikan anak-anak panti asuhan menjadi orang sholeh dan generasi penerus estafet kepemimpinan bangsa.


Sementara itu, Pimpinan Panti Asuhan Bustanul Ulum Jefri CI menyampaikan di panti asuhannya ada sebanyak 21 anak dalam data. Saat ini beberapa kegiatan anak-anak masih berlangsung daring, termasuk proses belajar mengajar mereka di sekolah TK, SD, MTSN, dan SMA.


"Panti asuhan ini dimulai pada tahun 1995 dari swadaya masyarakat, infak dan sedekah Hamba Allah. Anak-anak ini berasal dari berbagai daerah di Sumbar, seperti Pasaman, Pasaman Barat, Pangkalan, Galugua, Mungka, Lintau, Tanah Datar, dan Solok. Kami menyampaikan terimakasih banyak atas bantuan dari Pengadilan Negeri Kota Payakumbuh, semoga ini menjadi berkah, dan semoga berkenan kesini lagi di waktu yang akan datang," ungkapnya.


Di tempat terpisah, saat dihubungi media, Wali Kota Riza Falepi menyampaikan ucapan selamat hari ulang tahun (HUT) Mahkamah Agung (MA) yang berusia sama dengan kemerdekaan Republik Indonesia. 


Riza berharap HUT MA ke-76 tahun yang diperingati hari ini menjadi momentum dalam memperkuat sinergitas antara pemerintah kota dan badan peradilan, khususnya dalam penanganan Covid-19. 


"Namun dengan berbagai program atau kebijakan yang dilakukan PN Kota Payakumbuh dalam menerapkan pelayanan berbasis IT, merupakan dukungan kuat dalam percepatan memutus mata rantai penyebaran Covid-19," kata Riza. (Ul)