Polri Masih Proses Izin Liga 1 2021 -->

Polri Masih Proses Izin Liga 1 2021

Rabu, 11 Agustus 2021

ilustrasi


Jakarta - Kepolisian Republik Indonesia (Polri) hingga saat ini masih memproses izin keramaian dari penyelenggaraan Liga 1 2021 yang berdasarkan rencana akan digulirkan pada 27 Agustus mendatang.


Izin Liga 1 2021 dari kepolisian sangat dibutuhkan PSSI dan PT Liga Indonesia Baru selaku operator kompetisi sebagai jaminan kepada peserta.


Persoalan izin tersebut mencuat setelah Menpora Zainudin Amali memberikan rekomendasi Liga 1 2021 bisa digelar pada 27 Agustus. Soal izin keramaian itu, Menpora menggaransi akan segera diberikan kepolisian.


Akan tetapi ketika dikonfirmasi pihak Polri mengatakan masih memproses izin kompetisi Liga 1 2021.


"Sementara masih dalam proses," kata Kadiv Humas Polri, Inspektur Jenderal Argo Yuwono kepada wartawan, Selasa (10/8/2021) sebagaimana dikutip pada cnnindonesia.com.


Dia mengatakan, penerbitan izin masih hendak didiskusikan dengan sejumlah pihak terkait. Misalnya, kata Argo, seperti Kemenpora hingga Satgas Covid-19.


Menurut Argo pihaknya nanti akan mengumumkan secara resmi bersama instansi-instansi tersebut jika izin sudah diterbitkan.


"Untuk liga nanti kami akan memberikan konpers (konferensi pers) tersendiri. Nanti dengan bapak Menpora, artinya nanti kami akan memberikan informasi kepada teman-teman kapan nanti akan kita berikan izin," ucap Argo.


Gelaran Liga 1 terus mundur dari jadwal yang sebelumnya disiapkan. Kini, direncanakan liga sepakbola itu bergulir pada 27 Agustus yang mana artinya mundur satu pekan dari konsep awal pada 20 Agustus.


Kompetisi ini sebelumnya terpaksa dihentikan karena pandemi Covid-19 pada pertengahan Maret 2020 lalu. PSSI sempat mewacanakan untuk melanjutkan kegiatan pada 1 Oktober.


Hanya saja, Liga tak mendapat rekomendasi penyelenggaraan karena pandemi Covid-19 yang masih merebak di Indonesia. Setelah itu, sempat diwacanakan liga bergulir Februari 2021.


Namun akhirnya Liga 1 2020 dibatalkan da PSSI mewacanakan untuk memulai musim baru pada Juli 2021. Situasi pandemi masih belum terkendali, PPKM Darurat diberlakukan dan akhirnya kick off Liga 1 terus diundur hingga saat ini. (*)