Tabrakan Kereta di Ceko, Tiga Orang Tewas -->

Tabrakan Kereta di Ceko, Tiga Orang Tewas

Kamis, 05 Agustus 2021

Setidaknya tiga orang tewas dan puluhan lainnya terluka ketika dua kereta di Ceko tabrakan ketika melintas di barat negara itu pada Rabu (4/8).

Jakarta - Setidaknya tiga orang tewas dan puluhan lainnya terluka ketika dua kereta di Ceko tabrakan ketika melintas di barat negara itu pada Rabu (4/8).


"Berdasarkan informasi terakhir, tabrakan kereta menewaskan tiga orang dan puluhan orang lainnya terluka," demikian pernyataan perusahaan operator kereta nasional Ceko, Sprava Zeleznic, sebagaimana dilansir AFP.


Sprava Zeleznic menjelaskan bahwa kecelakaan ini terjadi ketika kereta penumpang Ex 351 milik Die Laenderbahn sedang melintas dalam perjalanan dari Munich menuju Praha, sebagaimana dikutip cnnindonesia.


Saat melintas di antara Plzen dan Domazlice sekitar pukul 08.00, kereta itu berpapasan dan tabrakan dengan kereta lain yang datang dari arah berlawanan.


Petugas penyelamat lantas dikerahkan ke lokasi kejadian. Dari sana, mereka melaporkan tiga orang meninggal, yaitu dua pengendali mesin dan satu penumpang perempuan.


Selain itu, sejumlah orang lainnya juga terluka akibat tabrakan ini, termasuk beberapa warga asing yang sedang menumpang salah satu kereta.


"Semua penumpang sudah dievakuasi dari kereta," demikian pernyataan Sprava Zeleznic.


Para penumpang yang terluka kemudian diperiksa. Menurut tim penyelamat, 31 di antaranya luka ringan, sementara tujuh lainnya dalam kondisi kritis.


Sementara itu, pihak berwenang mulai menyelidiki kecelakaan ini. Menteri Transportasi Ceko, Karel Havlicek, mengatakan bahwa "kereta Ex 351 itu tak mengindahkan peringatan dan akhirnya menabrak kereta lokal. Situasinya serius."


Perdana Menteri Ceko, Andrej Babis, meminta seluruh jajarannya menyelidiki kecelakaan ini dengan serius. Ia juga mengucapkan belasungkawa kepada keluarga korban tewas.(*)