Upacara Bendera HUT RI-76 di Tanah Datar Berlangsung Khidmat -->

Upacara Bendera HUT RI-76 di Tanah Datar Berlangsung Khidmat

Selasa, 17 Agustus 2021

 

Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih HUT RI ke-76, di lapangan kantor Bupati Tanah Datar, Selasa (17/8) 


Tanah Datar, fajarsumbar.com - Peringatan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) ke-76 dirayakan di tengah pandemi Covid-19 pada tahun ini. Pemerintah Kabupaten Tanah Datar menggelar upacara bendera secara terbatas dengan menggunakan protokol kesehatan Covid-19, di lapangan kantor Bupati Tanah Datar yang berlangsung khidmat dan lancar, Selasa (17/08/2021). 


Bertindak selaku inspektur upacara Bupati Tanah Datar Eka Putra, SE, yang dihadiri Wakil Bupati Richi Aprian, SH. MH, Ketua DPRD Rony Mulyadi Dt Bungsu, Forkopimda, Rektor IAIN Batusangkar, Sekda, Staf Ahli Bupati, Asisten, Ketua TP PKK Ny. Lise Eka Putra, Ketua GOW Ny. Patty Richi Aprian, Isteri Forkopimda, Ketua Persatuan DW Ny. Rina Irwandi, beberapa pejabat dan peserta dari unsur TNI, Polri, Satpol PP dan Damkar serta Dinas Perhubungan.


Bupati Tanah Datar Eka Putra usai upacara menyampaikan ucapan dirgahayu HUT RI ke-76. "Selamat HUT RI ke-76, untuk itu kita imbau dan ajak seluruh generasi penerus, generasi muda Tanah Datar untuk menjiwai semangat patriotisme, semangat juang demi daerah dan masyarakat Tanah Datar," pesannya.


Bupati tambahkan walaupun upacara berlangsung dengan protokol kesehatan Covid-19, tidak mengurangi makna memperingati HUT RI ke-76 tahun ini, tetap semangat dan mewariskan nilai-nilai luhur perjuangan para pejuang bangsa.


"Mari kita semua berdoa dan bermohon kepada Allah SWT, agar pandemi ini segera berakhir dan kita semua senantiasa dalam lindungan dan keberkahan-Nya, dan terima kasih kepada panitia pelaksana dan paskibraka yang telah menjalankan tugas upacara penaikan bendera dengan baik dan lancar," sampai Bupati. 


Usai upacara penaikan bendera, Bupati, Wakil Bupati beserta Forkompinda dan pejabat lainnya mengikuti upacara detik-detik proklamasi di Gedung Indojolito yang tersambung secara virtual dengan upacara di Istana Negara. Sementara pimpinan OPD beserta staf juga mengikuti upacara detik-detik proklamasi di kantor masing-masing melalui siaran televisi.


Bertindak selaku perwira upacara Letda Inf Khairul Anwar (Pjs Pasi Ops Kodim 0307/TD), komandan upacara Letda Inf Dasfial (Pa Kodim 0307/TD) dan pembaca pembukaan UUD 1945 Dhio Pantosa


Sementara komandan paskibraka Salman Al Farisi (Ponpes Alhira), pembawa baki Atifah Zubiah Anzani (SMAN 2 Batusangkar), Penggerek 

M. Afi Ikhwan (SMKN 1 Batipuh) Surya Effendi (MAN 2 Tanah Datar) dan M. Raihan Abdilah (SMAN 3 Batusangkar) serta 5 anggota paskibraka lainnya Cevin Vadelon Dema, Muhammad Iqbal, Muhammad Rayhan, M. Norhan Irshanul dan Aisyah Triandini Daryani Cevin Vadelon Dema.


Seusai upacara diserahkan penghargaan piagam, gelar, tanda jasa dan tanda kehormatan Republik Indonesia berupa Satyalancana Karya Satya secara simbolis. Penerima Satyalancana Karya Satya XXX tahun Alfian Jamrah (Kepala Baperlitbang, untuk XX tahun Helfy Rahmy Harun (Asisten Administrasi Umum) dan untuk X Tahun Rina Yuliastriyeni (Guru SDN 21 Tanjung Bonai Lintau Buo Utara).


Di kesempatan itu juga diserahkan bantuan kursi roda untuk PNS penyandang disabilitas Rahmadani dengan jabatan pengelola database Dinas Dukcapil. (fdy)