Wabup Pasbar Tinjuan Perkebunan Kelapa Sawit Nagari Muaro Kiawai -->

Iklan Atas

Wabup Pasbar Tinjuan Perkebunan Kelapa Sawit Nagari Muaro Kiawai

Jumat, 13 Agustus 2021

 

Wabup Pasbar beserta rombongan saat meninjau kebun sawit


Pasbar - Wakil Bupati Pasaman Barat Risnawanto didampingi Asisten I Setia Bakti, Kadis Perkebunan Edrizal, dan Pembina CV Putra Norma Karya  H. Karnalis, meninjau perkebunan kelapa sawit Tanah Kas Desa di Nagri Muaro Kiawai, Kecamatan Gunung Tuleh, Kamis, (12/8)2021).


Kebun kelapa sawit yang dikelola oleh CV Putra Norma Karya ini merupakan salah satu penyumbang Pendapatan Asli Daerah (PAD) Pasbar yang memiliki luas sekitar 128 Hektar.


"Ini dilakukan untuk melihat secara langsung kondisi  perkebunan kelapa sawit tanah kas desa yang merupakan salah satu penyumbang PAD di Pasbar. Dari Perkebunan Kelapa Sawit ini PAD terkumpul per bulannya adalah sebesar Rp110 Juta per bulannya dan untuk per tahun terkumpul kurang lebih Rp1,3 Miliyar.


Dalam peninjauan tersebut Wabup Risnawanto juga meminta kepada CV Putra Norma Karya untuk  melakukan pemeliharaan terhadap kebun sawait, agar produksi haris perkebunan dapat semakin meningkat, sehingga berdampak kepada Pendapatan Asli Daerah yang semakin tinggi.


"Banyak hal yang harus dilakukan dalam memperbaiki atau memelihara perkebunan ini, seperti bruning, perawatan lahan, pemeliharaan piringatan, pupuk serta pemeliharaan jalan agar Perkebunan tersebut bisa menghasilkan produksi dengan maksimal,"pintanya. (safnil)